Monthly Archives November 2017

Baju Daerah Warnai Upacara Bendera, Donor Darah Tinggi Peminat

Denpasar. Meski mendung masih menghiasi langit Kota Denpasar, namun Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (HUT KORPRI) ke 46 di Kanreg X BKN tetap berlangsung. Uniknya, beberapa peserta upacara terlihat mengenakan baju daerah dari Bali, Minangkabau, Madura, dan Jawa, sementara peserta lainnya dan petugas upacara mengenakan seragam KORPRI. Kegiatan tersebut menggambarkan Bhineka Tunggal Ika, untuk membangun rasa nasionalisme serta memupuk rasa saling menghormati dan menghargai antar sesama manusia.

Unity in Diversity digambarkan dalam aneka ragam baju daerah dalam upacara HUT KORPRI ke 46

Pada Rabu (29/11), Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si selaku Inspektur Upacara berkesempatan membacakan sambutan Presiden RI yang menekankan peringatan HUT KORPRI harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas. KORPRI harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan Negara lndonesia dengan Aparatur Sipil Negara sebagai agen perekat kebhinekaannya. Selain itu, KORPRI juga harus menjadi organisasi dengan budaya yang penuh inovasi dan kreativitas, yang modern dan efisien, dan yang melayani dengan jiwa dan semangat Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan nasional melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas publik yang berdasar Pancasila. Menutup sambutannya, Presiden RI Joko Widodo berpesan agar jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Penyerahan SK Kenaikan Pangkat kepada dua pegawai di lingkungan Kanreg X BKN

Sementara itu, masih memperingati HUT KORPRI ke 46, Kanreg X BKN juga mengadakan kegiatan kemanusiaan berupa donor darah usai upacara bendera. Terlihat beberapa pegawai sudah duduk berjajar di Aula A.E.Manihuruk saat mengisi formulir keikutsertaan donor darah. Berbagai macam manfaat bagi kesehatan menjadi salah satu alasan tingginya peminat donor darah di lingkungan Kanreg X BKN. Namun tak langsung melakukan donor darah, sebelumnya pendonor juga harus melakukan cek Tekanan darah dan tingkat Hemoglobin. Jika memenuhi syarat maka dapat langsung menuju ruang donor darah yang telah dipersiapkan oleh pihak PMI Provinsi Bali. Tetapi jika Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka tidak diperbolehkan mengikuti donor darah dan dapat mengikuti kegiatan donor darah selanjutnya.

Kegiatan Donor Darah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Selain donor darah, Kanreg X BKN juga menggelar pemeriksaan mata gratis bagi seluruh pegawai bekerjasama dengan salah satu optik di Kota Denpasar. (IRN)

Read more

Ni Ketut Sri Sumahardani Ajarkan Pondasi Kuat hingga Mirror Effect

Denpasar. Bagi Kanreg X BKN, pelayanan memiliki arti penting sekaligus ujung tombak dalam menentukan perkembangan organisasi. Tak heran, jika Kanreg X BKN terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh stakeholder, baik internal maupun eksternal. Selain dengan evaluasi melalui Indeks Kepuasan Pelayanan, Kanreg X BKN juga tak jarang menggelar pelatihan atau diklat yang berkaitan dengan pelayanan. Salah satunya Pelatihan Customer Service bertema Serve With Love yang digelar Senin (27/11) di Aula A.E.Manihuruk dengan menghadirkan Ni Ketut Sri Sumahardani, seorang Public Speaker sekaligus Motivator handal yang sudah sering memberikan materi tentang Customer Service, baik di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.

Usai dibuka oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian Ni Made Purnami Astari, pelatihan berlanjut dengan pemberian materi oleh Sri Sumahardani yang diawali dengan membentuk pondasi kuat dalam pelayanan. Menurutnya pondasi tersebut dapat dibentuk dengan memahami arti serta makna pelayanan yang identik dengan pelayan dan tidak pernah terpetakan dengan baik. Selain itu, perempuan asal Singaraja ini juga mengajarkan cara untuk memuji orang yang diantaranya harus dilakukan dengan tulus, harus Up To Date, sesuai kenyataan dan ABG, yakni Antusias, Berani dan Gembira. Ditengah-tengah pemberian materi, Sri Sumahardani mengajak seluruh peserta untuk mempraktekannya secara berpasangan.

Selain dengan memberikan pujian terhadap customer. Sri Sumahardani juga menekankan pelayanan dengan Serve With Love, yakni memberikan pelayanan yang dilakukan tulus dari hati, didukung dengan fasilitas yang membuat customer nyaman, sehingga costumer juga mendapatkan manfaat dari apa yang dilakukan. Dijelaskan juga teori “Mirror Effect” bagaimana seorang Customer Service harus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada costumernya, sehingga customernya juga akan sopan dalam meminta pelayanan. Hal tersebut dicontohkan dengan bagaimana seorang perempuan yang sedang berias di depan cermin.

Menutup pelatihan, Sri Sumahardani memberikan teknik melayani sepenuh hati yakni dengan menjaga hati (Reframing dan Refreshing), memberikan sentuhan hati melalui penampilan, suara dan kata-kata serta gesture, dan terakhir connecting Heart dan Mind.Sebagai apresiasi, pihak Sumahardani juga membagikan lima boneka kepada peserta paling ceria dan aktif serta buku hasil karyanya berjudul Service A la Carte kepada Kanreg X BKN. (IRN)

 

Read more

Peduli Pengungsi Gunung Agung, Kanreg X BKN Serahkan Bantuan Tali Kasih Tahap Dua

Denpasar-  Setelah sempat mengalami peningkatan yang cukup signifikan beberapa waktu lalu, lambat laun aktivitas Gunung Agung menurun dan diikuti dengan penurunan status dari AWAS menjadi SIAGA pada 29 Oktober 2017 pukul 16:00 WITA. Himbauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk mengosongkan radius 9 km sampai dengan 12 km dari puncak Gunung Agung menyebabkan gelombang pengungsian meningkat ke hampir semua kabupaten di Bali. Untuk itu Satgas Tanggap Bencana Gunung Agung Kanreg X BKN melalui KORPRI berinisiatif meringankan beban warga yang terdampak dengan menyalurkan bantuan dari pegawai di lingkungan BKN melalui KORPRI Kantor Regional X BKN.

Tahap pertama penyaluran bantuan dilakukan di posko pengungsian di daerah Denpasar dan Gianyar. Anggota Satgas bersama Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Ida Ayu Rai Sri Dewi, SH, M.Si melihat secara langsung kondisi pengungsi sekaligus menyerahkan bantuan berupa sembako dan keperluan wanita di beberapa lokasi pengungsian.

Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar (kanan) menyerahkan bantuan dana bagi pengungsi Gunung Agung kepada Wabup Karangasem (kiri)

Sebagai tindaklanjutnya, penyaluran bantuan kedua yang dirangkaikan dengan kegiatan peringatan HUT ke-46 KORPRI, pada Rabu (22/11) satuan tugas yang didampingi oleh Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar dan Ketua KORPRI Unit Kanreg X BKN Denpasar, Drs. Abdul Salam Gassing, M.H  melakukan audensi dan menyampaikan dana partisipasi sejumlah Rp. 20.186.600,- dari KORPRI beberapa Kantor Regional, pegawai dan donatur lainnya. Selanjutnya dana tersebut diserahkan kepada bendahara Satgas Kabupaten Karangasem.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, SH, MH didampingi anggota Tim Satgas Kabupaten Karangasem menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas perhatian dan tali kasih keluarga besar pegawai BKN yang tersebar di 14 Kantor Regional. Artha Dipa juga mengungkapkan kepanikan yang sempat terjadi karena pengaruh pengguna medsos yang sering menyampaikan berita berlebihan sehingga sempat menimbulkan gelombang pengungsian yang cukup banyak. Untuk itu Wabup berpesan dan menghimbau untuk waspada dan percaya dengan himbauan resmi pemerintah melalui lembaga yang berkompeten seperti PVMBG dan BPBD. “Jangan percaya pada berita yang berlebihan sehingga tidak menimbulkan keresahan warga,” pesannya.

Situasi di ruang kerja Wabup Karangasem saat menerima kunjungan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar beserta jajarannya

Artha mengakui bahwa meningkatnya gelombang pengungsian berdampak cukup signifikan pada kegiatan perekonomian di sekitar Gunung Agung. Karena kepanikan, banyak warga yang meninggalkan pekerjaannya, hewan ternak terutama sapi juga dijual jauh di bawah harga pasar sehingga sangat merugikan petani. Untuk itu, Wabup berharap fenomena alam ini tidak berlangsung lama sehingga masayarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa sehingga perekonomian bisa berjalan normal kembali.  (Boent)

Read more

KANREG X BKN TERIMA AWARD DARI KEMENKUMHAM RI

Denpasar.Sebagai bentuk apresiasi kepada Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara dalam pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2017, Kementerian Hukum dan HAM RI  melalui Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Bali memberikan Award atau penghargaan yang diserahkan Selasa (15/11). Penghargaan diserahkan langsung oleh Drs.Andi Nurka, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Bali kepada Kepala Kantor Regional X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH,M.Si. di Kanreg X BKN.

Drs.Andi Nurka menyerahkan penghargaan kepada Kepala Kantor Regional X BKN

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanreg X BKN juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang terjalin selama ini. Diharapkan ke depan, sinergitas yang dibangun saat ini dapat terus berlanjut dan nantinya dapat memberikan timbal balik yang menguntungkan satu sama lain.

Seperti diketahui sebelumnya, 3.725 pelamar CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kualifikasi Diploma dan SMA sederajat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara yang digelar mulai Senin (25/09) hingga Minggu (01/10).Sementara Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) bagi peserta Jenjang Sarjana (S1) dimulai pada Senin (11/09), dengan total peserta 2.563 orang dengan capaian nilai tertinggi 402, dan nilai terendah 60.

Pelaksanaan SKD di Kanreg X BKN

Sementara itu, pelaksanaan SKD di wilayah kerja Kanreg X BKN terbagi dalam lima (5) lokasi,yakni di Kanreg X BKN Denpasar, Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi BKN Mataram, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat , Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) Uyelindo Kupang dan Kantor Wilayah Kemenkumham Nusa Tenggara Timur. (IRN)

Read more

Hasil Nilai SKB BPOM

Berikut kami sampaikan hasil nilai Seleksi Kompetensi Bidang dengan Computer Assisted Test yang dilaksanakan Senin (13/11) di Kanreg X BKN.

 

 

Read more