Ni Ketut Sri Sumahardani Ajarkan Pondasi Kuat hingga Mirror Effect

Denpasar. Bagi Kanreg X BKN, pelayanan memiliki arti penting sekaligus ujung tombak dalam menentukan perkembangan organisasi. Tak heran, jika Kanreg X BKN terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh stakeholder, baik internal maupun eksternal. Selain dengan evaluasi melalui Indeks Kepuasan Pelayanan, Kanreg X BKN juga tak jarang menggelar pelatihan atau diklat yang berkaitan dengan pelayanan. Salah satunya Pelatihan Customer Service bertema Serve With Love yang digelar Senin (27/11) di Aula A.E.Manihuruk dengan menghadirkan Ni Ketut Sri Sumahardani, seorang Public Speaker sekaligus Motivator handal yang sudah sering memberikan materi tentang Customer Service, baik di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.

Usai dibuka oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian Ni Made Purnami Astari, pelatihan berlanjut dengan pemberian materi oleh Sri Sumahardani yang diawali dengan membentuk pondasi kuat dalam pelayanan. Menurutnya pondasi tersebut dapat dibentuk dengan memahami arti serta makna pelayanan yang identik dengan pelayan dan tidak pernah terpetakan dengan baik. Selain itu, perempuan asal Singaraja ini juga mengajarkan cara untuk memuji orang yang diantaranya harus dilakukan dengan tulus, harus Up To Date, sesuai kenyataan dan ABG, yakni Antusias, Berani dan Gembira. Ditengah-tengah pemberian materi, Sri Sumahardani mengajak seluruh peserta untuk mempraktekannya secara berpasangan.

Selain dengan memberikan pujian terhadap customer. Sri Sumahardani juga menekankan pelayanan dengan Serve With Love, yakni memberikan pelayanan yang dilakukan tulus dari hati, didukung dengan fasilitas yang membuat customer nyaman, sehingga costumer juga mendapatkan manfaat dari apa yang dilakukan. Dijelaskan juga teori “Mirror Effect” bagaimana seorang Customer Service harus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada costumernya, sehingga customernya juga akan sopan dalam meminta pelayanan. Hal tersebut dicontohkan dengan bagaimana seorang perempuan yang sedang berias di depan cermin.

Menutup pelatihan, Sri Sumahardani memberikan teknik melayani sepenuh hati yakni dengan menjaga hati (Reframing dan Refreshing), memberikan sentuhan hati melalui penampilan, suara dan kata-kata serta gesture, dan terakhir connecting Heart dan Mind.Sebagai apresiasi, pihak Sumahardani juga membagikan lima boneka kepada peserta paling ceria dan aktif serta buku hasil karyanya berjudul Service A la Carte kepada Kanreg X BKN. (IRN)