Monthly Archives January 2018

Pelaporan Penilaian Prestasi Kerja PNS Tahun 2017 melalui e Lapkin

Penilaian Prestasi Kerja PNS di tiap Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-wilayah kerja Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara Tahun 2017 harap segera dilaporkan melalui aplikasi e-Lapkin (Laporan Kinerja secara elektronik) di situs http://elapkin-asn.bkn.go.id/ selambat-lambatnya akhir Februari 2018.

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2018/01/e-lapkin003.pdf”]

Read more

Tanamkan 5 Nilai Dasar Berkinerja Dengan Cara Yang Unik

Denpasar. Peningkatan kinerja pegawai untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pemberian motivasi kinerja dari pemimpin atau pejabat. Namun Seorang pejabat atau pemimpin lebih sering memberikan motivasi dan membagikan ilmu kepada pegawainya melalui ceramah atau sambutan. Berbeda dengan yang dilakukan salah satu Srikandi BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kanreg X BKN Denpasar. Dalam Rapat Pemantapan Program Kerja Tahun 2018, Ida Ayu Rai Sri Dewi menanamkan lima nilai dasar kepribadian yang dapat menunjang kinerja organisasi.

Pada awalnya lima nominasi pegawai berprestasi  Dwi Firsayanti, Rai Rika Andriana, Sunarti Walstuningrum, dan I Gede Januana Tegmini dan I Putu Gde Sudiatmika harus mengambil lima papan yang bertuliskan lima nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi, yakni Inisiatif, Rajin, Bersih, Komunikatif dan Cermat. Kemudian mereka harus menunjukkan dengan berdiri di depan.

Dijelaskan perempuan yang pernah menimba ilmu di Luar Negeri ini, lima nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi ini memiliki nilai penting yang harus diimplementasikan seluruh pegawai, tak hanya pejabat administrator maupun pengawas. Nilai pertama yakni Inisiatif dapat muncul dengan didukung kreatif dan inovatif. Kedua adalah rajin, tekun dalam menjalankan pekerjaannya. Ketiga, seluruh pegawai harus Bersih dalam hal penampilan maupun bersih dalam arti hati yang bersih. Dan yang terakhir Komunikatif, yakni melakukan koordinasi dan bersinergitas.

Inisiatif, Rajin, Bersih, Komunikatif dan Cermat menjadi 5 nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi

Melalui metode ini, diharapkan seluruh pegawai dapat terus mengingat dan menanamkan, selanjutnya mengimplementasikan lima nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi ke dalam tugas dan pekerjaannya masing-masing. IRN)

Read more

Mantapkan Program Kegiatan Tahun 2018, Kakanreg Tekankan PDCA

Denpasar. Memantapkan Program Kegiatan Tahun 2018, Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi kembali tekankan PDCA, yaitu Plan, Do, Check dan Action kepada seluruh pegawai serta membangun Inovasi radikal yang menjadi salah satu prioritas BKN di Tahun 2018. Hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Pemantapan Program Kegiatan Tahun 2018 yang digelar Kamis (18/01) di Aula AE.Manihuruk.

Ida Ayu Rai Sri Dewi kembali tekankan PDCA, yaitu Plan, Do, Check dan Action

Lebih lanjut Kepala Kanreg X BKN mengatakan, PDCA perlu dilakukan untuk membangun sinergitas dan koordinasi sehingga dapat terwujud teamwork yang solid. Selain itu, dengan menjalankan metode PDCA ini, pekerjaan akan lebih efektif dan efisien. Ida Ayu Rai Sri Dewi menambahkan, perlu segera dilakukan rekonsiliasi data dengan didukung team Supervisi Kepegawaian Kanreg X BKN sehingga dapat lebih terkoordinir dengan daerah. Kepala Kanreg X BKN juga berharap seluruh pegawai tetap semangat dalam mengawal jalannya program kerja yang telah menjadi langkah strategis Kanreg  BKN di tahun 2018.

Dalam Rapat Pemantapan Program Kegiatan Tahun 2018 juga dilakukan pemaparan evaluasi target kinerja di Tahun 2017 dan rencana dan strategi di Tahun 2018 oleh masing-masing bagian/bidang di lingkungan Kanreg X BKN. Usai pemaparan dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja dan fakta integritas antara Kepala Kanreg X BKN dan Kepala Bagian/Bidang serta antara Kepala Bagian/Bidang dengan Kepala Seksi masing-masing bagian/bidang.

Penandatanganan perjanjian kinerja dan fakta integritas antara Kepala Kanreg X BKN dan Kepala Bagian/Bidang

Dalam kegiatan ini, Kepala Kanreg X BKN juga melakukan pemilihan Pegawai Berprestasi semester II Tahun 2017. Berbeda dengan seleksi sebelumnya yang sudah ditetapkan dalam Baperjakat, seleksi kali ini dilakukan dengan menjawab pertanyaan dari Kepala Kanreg X BKN serta pemungutan suara terbanyak dari seluruh pegawai . Dari seleksi tersebut terpilihlah I Putu Gde Sudiatmika sebagai Pegawai Berprestasi Semester II Tahun 2017 dari empat nominasi lainnya, yaitu Dwi Firsayanti, Rai Rika Andriana, Sunarti Walstuningrum, dan I Gede Januana Tegmini. (IRN)

I Putu Gde Sudiatmika (kanan) menerima penghargaan sebagai Pegawai Berprestasi Semester II Tahun 2017
Read more

60 Siswa SMK N 1 Wonosobo Lakukan Kunjungan Industri Ke Kanreg X BKN

Denpasar. Sejumlah 60 siswa SMKN 1 Wonosobo Jurusan Administrasi Perkantoran melakukan kunjungan industry ke Kanreg X BKN Denpasar pada Kamis (17/01). Dengan didampingi tiga guru pendamping, yakni Anton Udiyono, Anik Septyaningsih dan Syafrudin, rombongan siswa tersebut diterima langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Subagyo S.Sos, M.Si dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian Ni Made Purnami Astari SE, M.M di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN.

“Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,”pesan Kepala Bagian Tata Usaha (tengah)

Dalam sambutannya, Subagyo mengungkapkan apresiasinya serta menyampaikan terimakasih, karena Kanreg X BKN menjadi salah satu tujuan pembelajaran bagi siswa SMK N 1 Wonosobo, khususnya dalam ilmu administrasi perkantoran. “Tak hanya pemaparan secara teori, dalam kegiatan ini juga dilakukan kunjungan ke lapangan, sehingga diharapkan seluruh siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya secara langsung bagaimana proses administrasi kepegawaian di Kanreg X BKN.”

Labih lanjut Subagyo juga mengungkapkan melalui kegiatan seluruh siswa dapat membandingkan antara ilmu teori yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja yang sesungguhnya, yang nantinya dapat menjadi bekal saat memasuki dunia kerja.

Salah satu guru pendamping Syafrudin S.Ag mengaku senang dengan sambutan positif dari Kanreg X BKN. Pihaknya pun berharap, dengan kunjungan industri yang dilakukan di Kanreg X BKN, seluruh siswa dapat mengambil manfaat positif yang nantinya berguna bagi karier mereka ke depan.

Siswa SMK N 1 Wonosobo melakukan kunjungan ke Bidang INKA

Usai penukaran cinderamata, Kepala Sub Bagian Kepegawaian Ni Made Purnami Astari SE,M.M memaparkan profil serta tugas pokok fungsi Kanreg X BKN. Tak hanya pemaparan secara teori, para siswa juga diberi kesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses kerja administrasi kepegawaian di Kanreg X BKN. (IRN)

Read more

Kepala BKN Tekankan 5 Program Prioritas di Tahun 2018

Denpasar. Banyak tugas besar yang harus dikerjakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di tahun 2018. Kepala BKN dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Kantor Regional X BKN dalam upacara bendera 17 Januari 2018 menekankan untuk menajamkan program prioritas, yang diantaranya Pengembangan Sistem Informasi Manajemen ASN dengan target 623 K/L/Pemprov/Kab/Kota, Penyediaan data dan informasi kepegawaian yang mutakhir dan akurat, Penyediaan data pelanggaran disiplin ASN nasional kepegawaian , Pelayanan kepegawaian dan assessment PNS untuk wilayah Papua dan Papua Barat serta Pemetaan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi dengan target 2.500 PNS.

 Kepala Kanreg X BKN saat membacakan sambutan Kepala BKN

Tak hanya program prioritas, di Tahun 2018 diharapkan seluruh unit kerja dapat melakukan monitoring secara konsisten untuk meningkatkan kualitas layanan kepegawaian dan melaksanakan program kerja dengan komprehensif dan terkoordinasi melalui system informasi berbasis teknologi.

Di tahun 2017, BKN juga banyak menorehkan prestasi, yang diantaranya pencapaian realisasi anggaran sebesar  97.11 persen, yang merupakan penyerapan tertinggi dalam sejarah BKN. Selainitu, juga meraih Piagam penghargaan dari Presiden atas pengelolaan keuangan perolehan WTP untuk ke delapan kalinya berturut-turut, Penghargaan dari KASN dalam pelaksanaan seleksi JPT, Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai mitra kerja dalam pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2017 danPenghargaan dari Public Relations Indonesia Award 2017 untuk pemenang kategori media relations sub kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian.

Binanda Triska Eryanti menerima SK Pengangkatan sebagai Pranata Komputer Pertama

Sementara itu, dalam upacara bendera juga diserahkan Surat Keputusan Pengangkatan Pranata Komputer Pertama kepada Binanda Triska Eryanti, S.ST, I Made Agus Sugiadnyana Putra, S.Kom, Pandu Setia Gama, A.Md dan Terang Malem Perangin Angin, A.Md. (IRN)

Read more