Tanamkan 5 Nilai Dasar Berkinerja Dengan Cara Yang Unik

Denpasar. Peningkatan kinerja pegawai untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pemberian motivasi kinerja dari pemimpin atau pejabat. Namun Seorang pejabat atau pemimpin lebih sering memberikan motivasi dan membagikan ilmu kepada pegawainya melalui ceramah atau sambutan. Berbeda dengan yang dilakukan salah satu Srikandi BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kanreg X BKN Denpasar. Dalam Rapat Pemantapan Program Kerja Tahun 2018, Ida Ayu Rai Sri Dewi menanamkan lima nilai dasar kepribadian yang dapat menunjang kinerja organisasi.

Pada awalnya lima nominasi pegawai berprestasi  Dwi Firsayanti, Rai Rika Andriana, Sunarti Walstuningrum, dan I Gede Januana Tegmini dan I Putu Gde Sudiatmika harus mengambil lima papan yang bertuliskan lima nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi, yakni Inisiatif, Rajin, Bersih, Komunikatif dan Cermat. Kemudian mereka harus menunjukkan dengan berdiri di depan.

Dijelaskan perempuan yang pernah menimba ilmu di Luar Negeri ini, lima nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi ini memiliki nilai penting yang harus diimplementasikan seluruh pegawai, tak hanya pejabat administrator maupun pengawas. Nilai pertama yakni Inisiatif dapat muncul dengan didukung kreatif dan inovatif. Kedua adalah rajin, tekun dalam menjalankan pekerjaannya. Ketiga, seluruh pegawai harus Bersih dalam hal penampilan maupun bersih dalam arti hati yang bersih. Dan yang terakhir Komunikatif, yakni melakukan koordinasi dan bersinergitas.

Inisiatif, Rajin, Bersih, Komunikatif dan Cermat menjadi 5 nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi

Melalui metode ini, diharapkan seluruh pegawai dapat terus mengingat dan menanamkan, selanjutnya mengimplementasikan lima nilai dasar kepribadian penunjang kinerja organisasi ke dalam tugas dan pekerjaannya masing-masing. IRN)