Monthly Archives March 2022

SERAHKAN SK CPNS KABUPATEN MANGGARAI, PLT. KEPALA BKN INGATKAN FUNGSI ASN

 WhatsApp Image 2022-03-26 at 09.47.00

Manggarai, NTT. Dalam memberikan pelayanan publik, ASN harus mampu bertindak netral, tanpa membedakan suku agama, ras atau antar golongan. Hal tersebut ditekankan oleh Plt. Kepala BKN, Bima Haria Wibisana ketika menyerahkan 178 Surat Keputusan pengangkatan CPNS Pemerintah Kabupaten Manggarai pada Rabu (23/03) bertempat di Aula MCC Ruteng, Kab. Manggarai. Turut mendampingi acara tersebut Kepala Kantor Regional X BKN, Paulus Dwi Laksono Harjono dan Sekretaris Daerah Kab.Manggarai Jahang Fansi Aldus serta pimpinan OPD Kabupaten Manggarai Timur.

WhatsApp Image 2022-03-26 at 09.46.59Plt. Kepala BKN menyerahkan SK Pengangkatan CPNS

Lebih lanjut Bima menegaskan, berbagai motivasi CPNS memutuskan menjadi aparatur negara hendaknya dapat diselaraskan dan mampu mendukung fungsi ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa. Sementara untuk melaksanakan ketiga fungsi tersebut ditengah karakteristik masyarakat Indonesia yang beragam, layanan ASN harus dipercaya masyarakat. “Untuk bisa dipercaya syaratnya harus adil dan mampu memberikan terbaik terbaik kepada saja tanpa membedakan suku, agama, dan antargolongan” ungkap Bima.

Karena tanggung jawab untuk membawa kemajuan Kabupaten Manggarai ada di pundak ASN, oleh karena itu ASN diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, kreativitas dan jejaring sehingga mempercepat pelaksanaan tugas-tugas yang dibebankan. Bima juga mengingatkan ASN harus tegak lurus dan setia pada empat pilar dan pemerintahan yang sah seraya berpesan agar memanfaatkan media sosial secara bijak.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Jahang Fansi Aldus berharap dengan kehadiran Plt. Kepala BKN di Kabupaten Manggarai dapat menjadi pemicu semangat ASN milienal untuk bahu-membahu dalam membangun Manggarai dengan melaksanakan tugas-tugas secara baik dan disiplin.

Di akhir acara seluruh CPNS yang dilantik membacakan ikrar kesanggupan melaksanakan Core Value ASN berAKHLAK.

WhatsApp Image 2022-03-26 at 09.49.33Plt. Kepala BKN memberikan arahan kepada para pimpinan OPD

Selesai menyerahkan SK CPNS, Plt. Kepala BKN memberikan arahan kepada para pimpinan OPD di lingkup Kabupaten Manggarai Timur untuk selalu meningkatkan kompetensi terutama teknologi informasi, menjaga netralitas, menjauhi paham radikalisme, dan menjauhi narkoba.

Read more

Tingkatkan Pengawasan dan Pengendalian NSPK Manajemen ASN, BKN Bangun Aplikasi  Penilaian Indeks NSPK dan I’DIS

Denpasar. Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Otok Kuswandaru menegaskan dalam mewujudkan manajemen ASN di daerah, BKN tidak sendiri tetapi juga berkolaborasi dengan pejabat di daerah seperti PPK, Pejabat yang Berwenang, “Panglima” atau Kepala BKD serta Pengelola kepegawaian, yang terkadang menemui permasalahan diluar apa yang diatur dalam NSPK. Kedeputian Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN siap menerima segala keluh kesah terkait pengelolaan manajemen ASN di daerah yang dapat disampaikan melalui aplikasi Penilaian Indeks NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria) dan aplikasi I’DIS (IntegratedDiscipline).

Hal tersebut disampaikan dalam Bimbingan Teknis Indeks Implementasi NSPK Manajemen ASN dan kegiatan pengawasan dan pengendalian NSPK Manajemen ASN di wilayah kerja Kantor Regional X BKN Denpasar pada Selasa (22/03) bertempat di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN. Kegiatan yang digelar Direktorat Pengawasan dan Pengendalian III BKN ini dihadiri Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Otok Kuswandaru, Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono Harjono, Direktur Pengawasan dan Pengendalian III BKN Ruri Citra Diani, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi yang diwakili Aria Alantoni selaku Perencana Ahli Muda, serta Kepala BKD/BKPP/BKPSDM sewilayah kerja Kanreg X BKN.

  WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.55.58 (1)

Deputi Pengawasan dan Pengendalian saat memberikan arahan dan sambutan

Aplikasi ini akan memudahkan sekaligus dasar kuat dalam pengambilan keputusan. Sementara aplikasi Penilaian Indeks NSPK dapat mempermudah pengukuran implementasi manajemen ASN agar sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria yang berlaku. “I’DIS sebagai bentuk early warning system dalam melakukan pengawasan dan pengendalian manajemen ASN, khususnya disiplin pegawai ASN secara nasional, dan memudahkan PPK dalam menetapkan atau menjatuhkan hukuman disiplin sesuai prosedur yang berlaku. Tak hanya itu, melalui aplikasi ini Pejabat Pengelola kepegawaian dapat menyampaikan segala keluh kesah terkait permasalahan kepegawaian karena memang aplikasi ini dari kita untuk kita,” ungkapnya. Menutup arahannya, Otok Kuswandaru menekankan kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga netralitas menjelang pelaksanaan PILKDA Serentak pada tahun ini.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Kepala Kanreg X BKN menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Pengelola Kepegawaian di wilayah kerja Kanreg  X BKN atas komitmen, semangat dan dedikasi untuk terus berbenah, sehingga kesesuaian implementasi manajemen ASN semakin meningkat. BKN dan BKD/BKPP/BKPSDM adalah mitra dalam penerapan sistem merit dan menjamin pelaksanaan manajemen ASN sesuai NSPK. “Sebagai mitra, mari kita tingkatkan sinergi untuk mewujudkan ASN yang profesional dan berintegritas melalui penguatan aspek pengawasan NSPK secara Nasional,” ungkapnya. Kakanreg X BKN juga berharap agar seluruh peserta baik yang hadir secara luring maupun daring dapat fokus mencermati materi yang disampaikan oleh narasumber serta aktif dalam sesi FGD, sehingga dapat ditentukan strategi dalam mencapai target hasil Indeks NSPK Manajemen ASN Tahun 2022 di Wilayah kerja Kantor Regional X BKN.

WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.55.58

Kepala Kanreg X BKN menyampaikan apresiasi kepada instansi daerah

Pada kegiatan hari ini dilakukan pula penyerahan hasil Indeks NSPK Manajemen ASN Tahun 2021 sekaligus penandatanganan Komitmen Target Hasil Indeks NSPK Manajemen ASN Tahun 2022. Usai pembukaan, dilanjutan dengan FGD pengawasan dan pengendalian NSPK Manajemen ASN di wilayah kerja Kanreg X BKN.

WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.55.59 (2) WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.56.00

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Indeks Implementasi NSPK Manajemen ASN
Read more

KOTA DENPASAR RAIH PENGHARGAAN TIGA BESAR PENYELESAIAN PDM TERTINGGI

Denpasar. Usai menghadiri kegiatan uji butir soal di Kanreg X BKN, Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah didampingi Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono Harjono serta Pejabat Administrasi di lingkungan Kanreg X BKN, melanjutkan agendanya menuju Kantor Walikota Denpasar guna melakukan audiensi sekaligus  penyerahan penghargaan kepada Pemerintah Kota Denpasar atas capaian (96,7 %) Konfirmasi Pemutakhiran Data Mandiri Instansi sewilayah kerja Kanreg X BKN per 31 Desember 2021.

WhatsApp Image 2022-03-15 at 17.09.17 cutPenyerahan Penghargaan kepada Pemerintah Kota Denpasar atas capaian (96,7 %) Konfirmasi Pemutakhiran Data Mandiri

Kunjungan Sesma BKN dan Kepala Kanreg X BKN disambut langsung oleh Walikota Denpasar  I.G.N. Jaya Negara didampingi  Kepala BKPSDM Kota Denpasar Drs. I Wayan Sudiana serta Sekretaris BKPSDM I Komang Adi Wirawan. Dalam audiensinya, Sesma BKN menyampaikan apresiasinya kepada Kota Denpasar atas kerjasama dan dukungannya dalam mewujudkan digitalisasi pelayanan kepegawaian. Sehingga ke depan aplikasi SIMPEGNAS dan MYSAPK yang saat ini tengah dibangun BKN diharapkan dapat segera diaplikasikan seluruh ASN. Sebagai upaya perbaikan sekaligus evaluasi pelayanan kepegawaian di lingkungan BKN pada umumnya dan Kanreg X BKN pada khususnya, Imas juga menyampaikan kepada walikota agar tak segan untuk memberikan kritik serta saran serta menyampaikan berbagai permasalahan yang terjadi di Kota Denpasar, sehingga nantinya bermanfaat bagi pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan kepegawaian.

WhatsApp Image 2022-03-15 at 17.09.17Audiensi berlangsung di Ruang Walikota Denpasar

Sementara itu, Walikota Denpasar menyambut dengan baik penghargaan yang telah diberikan. Jaya Negara mengaku ASN di lingkungan Kota Denpasar telah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, meski di tengah pandemi COVID 19. Kiranya penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi serta semangat bagi ASN di Kota Denpasar untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan.

Read more

SESMA BKN BUKA UJI BUTIR SOAL KOMPETENSI KEPEGAWAIAN DAN LAUNCHING APLIKASI HELPDESK BERBASIS TICKETING

Denpasar. Pusat pengembangan Sistem seleksi Badan Kepegawaian Negara menggelar  kegiatan Uji Butir Soal kompetensi kepegawaian  Prov. Bali dan Kota Denpasar bertempat di Ruang ujian CAT Kanreg X BKN, yang digelar secara daring dan luring pada Selasa (15/03), yang dirangkaikan dengan launching aplikasi virtual helpdesk berbasis ticketing. Pembukaan kegiatan dilangsungkan di Aula A.E.Manihuruk dengan dihadiri Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah, Kepala Pusat Pengembangan Sistem seleksi  Soni Sultana, Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono, Kepala BKPSDM/BKD/BKPP dan pimpinan instansi vertikal sewilayah kerja Kanreg X BKN.  Secara daring, kegiatan ini juga dihadiri Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN  Otok Kuswandaru, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Negara dan Pengawasan Kemenpan RB serta Omsbudman RI Perwakilan Bali.

WhatsApp Image 2022-03-15 at 17.09.04 (1)

Kepala Kanreg X BKN saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Kakanreg X BKN mengungkapkan bahwa kinerja ASN kini dituntut lebih profesional dengan memiliki tiga kompetensi yaitu manajerial, teknis dan sosiokultural. Untuk mengetahui sejauh mana pengembangan kompetensi ASN perlu dilakukan tes atau ujian. Usai Kabupaten Sumba Timur, NTT, Provinsi Bali dan Kota Denpasar dipilih sebagai daerah pengambilan sampling data dalam uji butir soal Tes Kompetensi Dasar dalam perekrutan ASN. Dalam kegiatan uji butir soal ini, seluruh peserta diharapkan dapat memperoleh gambaran tentang materi soal yang akan diujikan, terutama dalam ujian Penyesuaian Ijazah dan ujian dinas. Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan launching aplikasi helpdesk berbasis ticketing, dimana publik atau masyarakat dapat melakukan pengaduan atau melaporkan berbagai permasalahan kepegawaian. Aplikasi ini sekaligus sebagai salah satu bentuk inovasi pelayanan kepegawaian di wilayah kerja Kanreg X BKN dan evident Reformasi Birokrasi Kanreg X BKN dalam meraih WBBM di tahun 2023.

WhatsApp Image 2022-03-15 at 17.09.05

Sekretaris Utama BKN membuka kegiatan uji butir soal kompetensi kepegawaian dan launching aplikasi Helpdesk berbasis ticketing

Lebih lanjut Sekretaris Utama BKN Imas Sukmariah menegaskan tak hanya dituntut profesional, PNS kini juga harus berintegritas serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. BKN sebagai pembina dan penyelenggara manajemen kepegawaian  terus membangun dan meningkatkan  kualitas ASN serta pelayanan publik dengan berbagai inovasi yang telah dikembangkan. Hal tersebut juga menjadi agenda Reformasi Birokrasi untuk mempercepat proses layanan yang harus kita wujudkan dengan membangun persamaan persepsi, komitmen, kerjasama serta kolaborasi dari berbagai pihak.

Sementara itu, diungkapkan pula uji butir ini dilakukan menggunakan sistem manajemen mutu sehingga harus valid dan reliable, yang selanjutnya akan dikembangkan sehingga dapat mewujudkan ASN yang professional. Tidak hanya khusus pengelola kepegawaian, ujian ini juga bersifat umum sesuai keputusan BKNserta substansi teknis kepegawaian. BKN kini terus melakukan update Tes Kompetensi kepegawaian (TKK) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB), termasuk 10 soal terkait radikalisme.

Menanggapi dilaunchingnya aplikasi helpdesk berbasis ticketing di Kanreg X BKN, Imas menyampaikan apresiasinya kepada Kanreg X BKN sebagai salah satu Kanreg BKN yang berhasil meraih predikat WBK dan selanjutnya menargetkan WBBM di Tahun 2023. Aplikasi tersebut menjadi satu inovasi yang perlu dikembangkan guna peningkatan pelayanan kepegawaian yang lebih baik kepada masyarakat. Melalui aplikasi helpdesk ini, pelaporan mau pun aduan dapat ditracking sejauh mana proses penyelesaiannya.

WhatsApp Image 2022-03-15 at 17.09.05 (1)

Launching aplikasi Helpdesk Kanreg X BKN
Read more

Motivasi Pelayanan di Masa Pandemi Tidak Boleh Surut

Denpasar. Dalam apel pagi pada Senin (07/03) bertempat di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN. Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Ketut Buana menyampaikan setidaknya ada 3 fungsi ASN yaitu sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa. Terkait fungsi kedua dan ketiga tersebut, ASN hendaknya mampu memberikan pelayanan publik secara profesional dan berkualitas. Bahkan dalam situasi pandemi dan perubahan pola kerja, motivasi pelayanan publik tidak boleh surut karena pelayanan publik tidak boleh tertunda apalagi berhenti.

Lebih lanjut Kabid INKA menyampaikan bahwa saat ini masing-masing bidang/bagian sedang disibukkan dengan tupoksi bidang dan pelaporan keuangan serta kewajiban penyampaian LHKPN dan SPT Tahunan orang pribadi. Untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut dibutuhkan semangat kolaborasi sehingga penyelesaiannya menjadi lebih mudah dan cepat. Apresiasi diberikan kepada seluruh pegawai yang telah berusaha memberikan pelayanan terbaik meskipun di tengah situasi pandemi.

Apel Pagi 7 Maret 2022

Di akhir arahan, pimpinan apel mengingatkan pentingnya inovasi, karena sebesar apapun capaian target kerja dan perilaku kerja tanpa disertai dengan ide baru maka nilai kinerja tetap bernilai baik. Untuk itu semua pegawai baik secara perorangan maupun berkelompok hendaknya melakukan inovasi/ide baru dan/atau cara baru agar kinerjanya dapat meraih predikat sangat baik. Inovasi tersebut tidak harus dalam bentuk aplikasi, karena inovasi dapat berwujud dalam berbagai bentuk ide dan/atau cara baru yang dapat meningkatkan kinerja yang bermanfaat bagi organisasi atau negara.

Read more