Tingkatkan Pengawasan dan Pengendalian NSPK Manajemen ASN, BKN Bangun Aplikasi  Penilaian Indeks NSPK dan I’DIS

Denpasar. Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Otok Kuswandaru menegaskan dalam mewujudkan manajemen ASN di daerah, BKN tidak sendiri tetapi juga berkolaborasi dengan pejabat di daerah seperti PPK, Pejabat yang Berwenang, “Panglima” atau Kepala BKD serta Pengelola kepegawaian, yang terkadang menemui permasalahan diluar apa yang diatur dalam NSPK. Kedeputian Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN siap menerima segala keluh kesah terkait pengelolaan manajemen ASN di daerah yang dapat disampaikan melalui aplikasi Penilaian Indeks NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria) dan aplikasi I’DIS (IntegratedDiscipline).

Hal tersebut disampaikan dalam Bimbingan Teknis Indeks Implementasi NSPK Manajemen ASN dan kegiatan pengawasan dan pengendalian NSPK Manajemen ASN di wilayah kerja Kantor Regional X BKN Denpasar pada Selasa (22/03) bertempat di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN. Kegiatan yang digelar Direktorat Pengawasan dan Pengendalian III BKN ini dihadiri Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN Otok Kuswandaru, Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono Harjono, Direktur Pengawasan dan Pengendalian III BKN Ruri Citra Diani, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi yang diwakili Aria Alantoni selaku Perencana Ahli Muda, serta Kepala BKD/BKPP/BKPSDM sewilayah kerja Kanreg X BKN.

  WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.55.58 (1)

Deputi Pengawasan dan Pengendalian saat memberikan arahan dan sambutan

Aplikasi ini akan memudahkan sekaligus dasar kuat dalam pengambilan keputusan. Sementara aplikasi Penilaian Indeks NSPK dapat mempermudah pengukuran implementasi manajemen ASN agar sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria yang berlaku. “I’DIS sebagai bentuk early warning system dalam melakukan pengawasan dan pengendalian manajemen ASN, khususnya disiplin pegawai ASN secara nasional, dan memudahkan PPK dalam menetapkan atau menjatuhkan hukuman disiplin sesuai prosedur yang berlaku. Tak hanya itu, melalui aplikasi ini Pejabat Pengelola kepegawaian dapat menyampaikan segala keluh kesah terkait permasalahan kepegawaian karena memang aplikasi ini dari kita untuk kita,” ungkapnya. Menutup arahannya, Otok Kuswandaru menekankan kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga netralitas menjelang pelaksanaan PILKDA Serentak pada tahun ini.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Kepala Kanreg X BKN menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Pengelola Kepegawaian di wilayah kerja Kanreg  X BKN atas komitmen, semangat dan dedikasi untuk terus berbenah, sehingga kesesuaian implementasi manajemen ASN semakin meningkat. BKN dan BKD/BKPP/BKPSDM adalah mitra dalam penerapan sistem merit dan menjamin pelaksanaan manajemen ASN sesuai NSPK. “Sebagai mitra, mari kita tingkatkan sinergi untuk mewujudkan ASN yang profesional dan berintegritas melalui penguatan aspek pengawasan NSPK secara Nasional,” ungkapnya. Kakanreg X BKN juga berharap agar seluruh peserta baik yang hadir secara luring maupun daring dapat fokus mencermati materi yang disampaikan oleh narasumber serta aktif dalam sesi FGD, sehingga dapat ditentukan strategi dalam mencapai target hasil Indeks NSPK Manajemen ASN Tahun 2022 di Wilayah kerja Kantor Regional X BKN.

WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.55.58

Kepala Kanreg X BKN menyampaikan apresiasi kepada instansi daerah

Pada kegiatan hari ini dilakukan pula penyerahan hasil Indeks NSPK Manajemen ASN Tahun 2021 sekaligus penandatanganan Komitmen Target Hasil Indeks NSPK Manajemen ASN Tahun 2022. Usai pembukaan, dilanjutan dengan FGD pengawasan dan pengendalian NSPK Manajemen ASN di wilayah kerja Kanreg X BKN.

WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.55.59 (2) WhatsApp Image 2022-03-22 at 16.56.00

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Indeks Implementasi NSPK Manajemen ASN