Bangun Karakter Bangsa, Profesional dan Bermartabat, CPNS BKN Ikuti ESQ

Ciawi. Badan Kepegawaian Negara(BKN) akan menggelar diklat prajabatan yang akan dimulai pada tanggal 25 Oktober mendatang. Namun sebelum mengikuti diklat, para peserta harus mengikuti pelatihan internalisasi nilai atau pelatihan ESQ ( Emotional Spiritual Question) tanggal 23 s/d 24 Oktober 2015 bertempat di Pusat Pengembangan ASN.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Kepegawaian BKN Warli, mengatakan pelatihan ESQ ini diikuti oleh 201 orang CPNS yang terdiri dari CPNS BKN Pusat, Kantor Regional dan UPT. ESQ ini sebagai pembuka digelarnya diklat prajabatan serta sebagai salah satu bentuk partisipasi BKN dalam membentuk karakter bangsa dan pegawai yang profesional dan bermartabat.

Sementara itu Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti mengungkapkan angkatan CPNS TA 2014 ini merupakan angkatan pertama sekaligus sebagai model penyelenggaraan ESQ sebelum dimulainya diklat prajabatan. Dengan tujuan untuk membangun jiwa serta menggabungkan kecerdasan emosional dan spiritual dengan memanfaatkan pikiran bawah sadar. Dengan demikian integritas masing-masing individu akan semakin kuat. Selain itu, diharapkan pula nantinya dapat memahami dan berkomunikasi dengan orang lain dengan lebih baik. Walaupun kita memiliki intelegensi yang tinggi, tidak akan ada artinya jika tidak memiliki akhlak yang baik, ungkapnya.

Usai dibuka oleh Sesma BKN, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh tim ESQ way 165. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk  sharing dalam hal filosofi dalam sebuah kehidupan serta melatih konsentrasi melalui beberapa permainan. Semua peserta pun tampak bersemangat mengikuti setiap sesi kegiatan yang digelar.(irn/yd)