Sesma BKN Buka Acara Diklat Prajabatan Golongan II dan III

Ciawi. Senin (26/10) Diklat Prajabatan untuk CPNS Golongan II dan III dilingkungan Badan Kepegawaian Negara secara resmi dibuka oleh Sesma BKN, Usman Gumanti, bertempat di Gedung Serbaguna Pusat Pengembangan ASN BKN di Ciawi. Pembukaan dilakukan dengan mengetukkan palu sebanyak 3 kali usai memberikan sambutan.

00

Sekretaris Utama BKN, Usman Gumanti memberi sambutan sekaligus membuka acara Prajabatan

Dalam sambutannya, Usman Gumanti mengungkapkan Diklat Prajabatan Tahun 2015 ini merupakan angkatan I yang menggunakan pola baru. Jika dalam pola lama peserta hanya melakukan pembelajaran di kelas, dalam pola baru ini diberlakukan sistem on dan off.  Saat on selama kurang lebih 2 minggu, peserta akan diberi pelajaran di dalam kelas mengenai nilai-nilai dasar Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme Etika Publik Komitmen Mutu, serta Anti Korupsi).  Sementara saat off yakni selama 14 hari, peserta harus mengaktualisasikan nilai-nilai dasar tersebut di tempat kerja atau dalam kehidupan berorganisasi. Hasil dari aktualisasi tersebut nantinya akan dipresentasikan di depan penguji, pembimbing dan mentor. Melalui sistem baru ini diharapkan dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang bertanggung-jawab dan memiliki jiwa tulus untuk melayani masyarakat serta pengabdian kepada bangsa dan negara.

Diklat Prajabatan ini diikuti oleh 201 peserta CPNS BKN Pusat dan seluruh Kantor Regional BKN. Dari keseluruhan peserta diklat, 113 orang diantaranya merupakan CPNS Golongan II dan 88 orang dari Golongan III. Untuk Diklat Golongan II akan dilaksanakan 26 Oktober hingga 24 November 2015. Sementara Golongan III akan dilaksanakan hingga 1 Desember 2015. (irn/yd)