Kakanreg X BKN : Semua Pegawai Harus Berinovasi

Denpasar. Semua pegawai harus membuat terobosan baru dengan melakukan inovasi dan kreatifitas yang dimiliki, yang selanjutnya harus segera diwujudkan dan dikerjakan dengan penanganan serius dari tim kerja yang telah ditunjuk. Tak hanya dari internal, masukan atau saran dapat pula diperoleh dari lingkungan kerja seperti unit kerja lainnya, sehingga jika mengalami kesulitan mau pun kendala dapat diatasi secara bersama-sama. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Drs. Made Ardita M.Si dalam Rapat Penyusunan Kinerja Tahunan, pada Kamis (3/12) di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Utama Kanreg X BKN Denpasar.

ev.RB 3Drs. Made Ardita M.Si saat memberikan pengarahan dalam Rapat Penyusunan Kinerja Tahunan di Lingkungan Kanreg X BKN

Lebih lanjut Made Ardita mengatakan, terkait dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 120 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara, dalam pasal 9 disebutkan bahwa seluruh Pegawai di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara wajib melaksanakan agenda Reformasi Birokrasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Pelaksanaan agenda reformasi birokrasi tersebut selanjutnya dimonitor dan dievaluasi secara berkala oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara dan Tim Reformasi Birokrasi Nasional. Melalui Perpres tersebut para pegawai dituntut untuk berprestasi dalam pelaksanaan kinerja serta terus melakukan inovasi untuk kinerja yang lebih baik. Sementara untuk monitoring kinerja, dapat dilakukan salah satunya melalui aplikasi e-Kinerja dengan sistem online. “Aplikasi tersebut dapat mempermudah analis kepegawaian dalam menentukan Tunjangan Kinerja sesuai dengan kinerja yang telah dilaksanakan. Selain itu, aplikasi tersebut akan memudahkan dalam pembuatan laporan harian, mingguan, bahkan tahunan, tentu disertai bukti yang riil”ungkapnya. Karena itu, Made Ardita berharap pembuatan aplikasi e-Kinerja ini dapat segera diselesaikan dan secepatnya dapat diterapkan di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar.

Made Ardita pun mengungkapkan Kanreg X BKN juga boleh berbangga, karena dalam Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2015, Kanreg X BKN berhasil menempati peringkat tertinggi yakni 85,71 persen. Faktor penilaiannya antara lain tingkat kapasitas dan akuntabilitas kinerja organisasi, pelayanan publik serta pemerintah yang bersih dan bebas KKN.

ev.RB 1Istiyarno S.IP menjelaskan persiapan pelaksanaan Sosialisasi Analisa Jabatan dan Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemkab Badung

Sementara terkait pelaksanaan Sosialisasi Analisa Jabatan dan Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung yang rencananya akan digelar Bulan Januari 2016 mendatang, Istiyarno S.IP selaku Kepala Bagian Tata Usaha mengungkapkan telah membentuk tim narasumber serta pendampingan sosialisasi. Sementara materi yang akan disosialisasikan diantaranya Analisis Jabatan, ABK (Analisis Beban Kerja)-Peta Jabatan, SKM (Standar Kompetensi Manajerial) dan SKT (Standar Kompetensi Teknik), serta Evaluasi Jabatan. (IRN)