Tingkatkan Pelayanan Publik, Kanreg X BKN Denpasar Kelola Kritik dan Saran Masyarakat

Denpasar. Semakin pesatnya perkembangan Kantor Regional X BKN Denpasar, ternyata banyak menarik perhatian beberapa instansi di lingkungan BKN untuk mengetahui dan bertukar informasi khususnya dalam hal pengelolaan sarana prasarana, manajemen SDM serta pelayanan publik. Salah satunya dari Pusat Pengembangan (Pusbang) ASN BKN, yang langsung dihadiri oleh Kepala Pusbang ASN BKN Ahmad Jalis dengan didampingi kedua staffnya Herawati dan Rio.

kapusbang 1Dalam kunjungannya, Ahmad Jalis (2 dari kanan) mengaku kagum dengan manajemen pengelolaan pelayanan publik Kanreg X BKN

Dalam kunjungannya, Ahmad Jalis mengaku kagum dengan pemeliharaan dan pengelolaan sarana prasarana, manajemen SDM serta pelayanan publik yang telah diberikan Kanreg X BKN Denpasar. “Begitu saya masuk, hal-hal yang dibutuhkan pun bisa segera muncul di situ. Orang yang stand by disitu juga ramah. Saya lihat yang sangat impresif itu air minum yang tersedia. Sepertinya kecil tetapi itu luar biasa dampaknya. Kita tidak membutuhkan prestasi yang luar biasa tetapi dampaknya yang luar biasa. Itulah yang disebut Costumer Focus. Kita memberikan kepada publik apa yang mereka butuhkan. Dan saya lihat itu sudah ada di Bali” ungkapnya.

Selain itu, Ahmad Jalis juga mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar sudah cukup bagus. Karena itu, tak hanya sarana prasarana, pihaknya juga ingin bertukar informasi terkait manajemen pengelolaan SDM serta sistem dokumentasi kelembagaan yang dijalankan Kanreg X BKN Denpasar. Pria kelahiran Surabaya ini menilai terdapat ketekunan dan konsistensi yang terlihat dari kinerja SDM di lingkungan Kanreg X BKN.

kapusbang2Istiyarno S.IP (tengah) saat menerima kunjungan Kapusbang ASN BKN (paling kiri), didampingi Sudiyono S.IP, MH (paling kanan)

Menanggapi hal tersebut, Istiyarno S.IP selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg X BKN Denpasar menjelaskan bahwa Kanreg X BKN Denpasar telah melaksanakan 8 area perubahan, yakni Tata Laksana, Peraturan Perundang-undangan, Sumber Daya Manusia Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan publik, Mindset dan Cultural Set Aparatur. Sementara dalam hal pelayanan publik, Kanreg X BKN Denpasar telah melakukan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan disertai tanggapan, saran, kritikan serta keluhan dari masyarakat. “Pelayanan belum maksimal kalau belum ada tanggapan, saran, kritik dan keluhan. Dengan hal tersebut kita dapat mengetahui tingkat kepuasan masyarakat serta dapat selalu berbenah diri terkait sarana dan prasarana yang ada, ” ungkapnya. Tak hanya sarana dan prasarana, Kanreg X BKN Denpasar juga melakukan evaluasi dan monitoring kinerja yang selanjutnya akan ditindaklanjuti. (IRN)

kapusbang3Suasana saat Kapusbang ASN BKN melakukan kunjungan kerja di Kanreg X BKN Denpasar