Dukung Reformasi Birokrasi, Kanreg X BKN akan canangkan Revolusi Mental dan Friendly, Clean and Green

Denpasar. Sebagai salah satu bentuk dukungan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di BKN, Kanreg X BKN Denpasar akan mencanangkan Gerakan Revolusi Mental yang beberapa waktu lalu telah dicanangkan Pemprov.Bali, dan dirangkai dengan Gerakan Friendly, Clean and Green. Rencananya, kegiatan ini akan digelar pada Jumat, 15 Januari 2016 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Istiyarno S.IP selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg X BKN di sela-sela Rapat Rutin Evaluasi Reformasi Birokrasi di Ruang Rapat Kakanreg Lantai 2 pada Selasa (12/01).

rapat12.2                          Istiyarno S.IP (memegang mic) menjelaskan terkait 18 karakter negatif yang harus dilawan dalam Gerakan Revolusi Mental

Lebih lanjut dikatakan Istiyarno, dukungan terhadap pelaksanaan Gerakan Revolusi Mental ini akan dilakukan dengan pembakaran 18 karakter negatif yang harus dilawan dalam melaksanakan Gerakan Revolusi Mental. “18 karakter negatif tersebut merupakan tulisan tangan dari tiap unit kerja di lingkukan Kanreg X BKN” jelasnya. Bersamaan dengan kegiatan tersebut akan dilakukan pula pencanangan Gerakan Friendly, Clean and Green. Dalam hal ini, friendly menggambarkan keramahan dan kesopanan para pegawai Kanreg X BKN. Sementara clean and green diartikan sebagai gerakan penghijauan di lingkungan Kanreg X BKN, yang dilakukan dengan penanaman pohon yang merupakan sumbangan dari tiap unit kerja di lingkungan Kanreg X BKN. Kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu roadmap kegiatan BKN Tahun 2016 dalam mendukung Gerakan Reformasi Birokrasi.

rapat12.1Penayangan video motivasi yang menggambarkan semangat gotong royong sebagai salah satu nilai utama Revolusi Mental

Sementara itu, dalam sambutannya Kakanreg X BKN Denpasar Drs. Made Ardita M.Si mengapresiasi kegiatan tersebut. “Karena Apapun yang kita lakukan merupakan satu bagian dari Reformasi Birokrasi, seperti halnya pencanangan Friendly Clean And Green. Friendly dapat diartikan pula dengan pelaksanaan standarisasi website BKN yang User Friendly untuk mempermudah penggunanya, mencegah salah persepsi serta miss communication” ungkapnya.

rapat12.3Drs. Made Ardita M.Si memotivasi pegawainya untuk selalu melakukan perubahan dan berinovasi

Tak hanya itu, Made Ardita juga memotivasi pegawainya untuk selalu melakukan perubahan dan berinovasi, serta bertanggung jawab langsung terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan, sehingga semua pegawai punya peran masing-masing. Laporan kegiatan nantinya akan diterapkan dalam e-kinerja, sehingga mempermudah pegawai dalam pembuatan laporan kegiatan serta menentukan target kerja. Melalui laporan dalam aplikasi e-Kinerja itulah menjadi dasar tunjangan kinerja yang diperoleh saat ini. Sebelum menutup sambutannya, Kakanreg juga menyampaikan rencana pelaksanaan Rakornas Kepegawaian Tahun 2016, optimalisasi penggunaan anggaran untuk mendukung jalannya Reformasi Birokrasi BKN serta Tindak lanjut e-PUPNS.

Dalam Rapat Rutin Evaluasi Reformasi Birokrasi ini dipaparkan pula aplikasi e-Kinerja oleh Tim e-Kinerja Kanreg X BKN Denpasar serta e-Office yang telah disosialisasikan sebelumnya di Jakarta.  (IRN)

rapat12.4Rama Beta Herdian S.Kom saat memaparkan e-kinerja Kanreg X BKN
rapat12.5“e-office adalah suatu sistem yang berhubungan dengan administrasi” jelas Aryanto S.Sos dalam paparannya