PILIH CALON KEPALA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH,  PEMKAB BULELENG GUNAKAN AC KANREG X BKN

Denpasar. Kamis (11/02/2016) Pemkab Buleleng manfaatkan Assessment Center (AC) Kanreg X BKN Denpasar untuk memilih Calon Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Buleleng. Sebelum menjalani tes, para peserta terlebih dahulu mengikuti pengarahan langsung dari Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Drs. Made Ardita M.Si, yang dihadiri pula oleh Retno Isti indrayani S.Psi, MM dan Ledy Wisudawanti MA. selaku Assessor Madya dan Assessor Muda BKN Pusat.

Dalam pengarahannya Made Ardita mengapresiasi langkah Pemkab.Buleleng memanfaatkan Assessment Center  dalam seleksi Calon Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Buleleng.  “saya apresiasi terhadap pemkab buleleng, karena pertama kali menggunakan Assessment Center , setelah sebelumnya dilakukan peresmian dan simulasi. Diharapkan melalui langkah ini betul-betul mendapat pegawai yang profesional dalam menduduki sebuah jabatan”ungkapnya. Tak hanya Pemkab Buleleng, hampir semua Kabupaten/Propinsi di wilayah kerja Kanreg X BKN, seperti Badung, Denpasar, Karangasem, Alor dan Manggarai Barat, saat ini sudah mengajukan jadwal pelaksanaan seleksi pegawai menggunakan Assessment Center.

ac1Suasana saat pengarahan dari Kepala Kantor Regional X BKN sebelum tes seleksi di Ruang Assessment Center

Ditambahkannya, kompetensi menjadi salah satu hal yg harus diperhatikan dalam seleksi  pegawai yang menduduki jabatan struktural, sehingga nantinya dapat menjabat sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki. Diharapkan pula, pegawai yang terpilih dapat membawa perubahan positif terkait dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi ke depan.

Seleksi Calon Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Buleleng ini diikuti oleh 5 (lima ) peserta, yakni Bimantara SE. yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab.Buleleng, Desak Putu Rupadi SE. selaku Kabid.Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab.Buleleng , Putu Parwata SE. selaku Kabid Analisa Kebutuhan Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab.Buleleng, Ir.Wayan Pasek Swastika M.Si yang menjabat sebagai Fungsional Pengawas Benih Tanaman Dinas Pertanian Dan Peternakan Pemkab.Buleleng, serta Kadek Yoni SE,MM, yang saat ini menjabat sebagai Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Kab.Buleleng.

Dalam seleksi ini, para peserta harus melalui beberapa tes. Pertama, para peserta harus mengikuti tes Psikometri, dimana para peserta harus menjawab soal psikologi dalam waktu yang singkat yang terbagi dalam 4 subtes. Tak hanya itu, para peserta juga harus membuat program kerja terkait penyelesaian masalah dalam sebuah pemerintahan serta tes warteg grafis, yakni melengkapi simbol menjadi sebuah gambar objek .

ac2Meski terlihat kesulitan dalam tes warteg , namun para peserta dapat menyelesaikan soal dengan tepat waktu

Kedua, para peserta harus melakukan LGD (Leaderless Group Discussion) dihadapan 4 (empat) orang Assesor bertempat di ruang diskusi. Dan ketiga, para peserta harus melakukan presentasi terkait program kerja yang sebelumnya telah dibuat dalam tes psikometri. (IRN)

ac3Ledy Wisudawanti MA. (tengah) saat memberikan pengarahan sebelum LGD dimulai