Seleksi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Pemkab.Buleleng Di Hari Kedua

Denpasar. Berlanjut di hari kedua, pelaksanaan tes seleksi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab.Buleleng diawali dengan tes Psikometri, yakni tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) dan PAPI (Personality and Preference Inventory), untuk mengukur kepribadian masing-masing individu. Beberapa peserta tampak kesulitan saat menjawab soal EPPS.

10 menit sebelum waktu dinyatakan selesai, Desak Putu Rupadi SE belum selesai mengerjakan soalnya, sementara Ir.Wayan Pasek Swastika M.Si dapat mengerjakan semuanya dengan lancar sehingga dapat mengumpulkan lembar jawaban sebelum waktu dinyatakan selesai. “Centang saja mana jawaban yang dipilih, karena tidak ada jawaban yang benar dan salah” komentar Wayan Pasek.

pesert 2Para peserta tampak serius mengerjakan soal psikometri di hari kedua

Dalam tes EPPS ini tak ada jawaban yang benar dan salah. Namun hanya merupakan tes untuk mengetahui tipe-tipe motivasi, kebutuhan dan kesukaan pribadi. Tes EPPS ini dipergunakan untuk mengetahui karakter masing-masing individu, sehingga dapat menempatkan pegawai yang bersangkutan pada bidang yang tepat serta kelebihan dan kemampuannya dapat dioptimalkan. Selain tes EPPS, para peserta juga harus menjawab soal dalam tes PAPI, yakni Personality and Preference Inventory atau alat tes penilaian kepribadian untuk mengevaluasi perilaku dan gaya kerja individu pada semua tingkatan.

pesert3                                                                                         Suasana  saat tes wawancara di salah satu ruang individu

Sementara itu sebagai tes terakhir, para peserta harus melakukan wawancara dengan 2 (dua) Assessor bertempat di ruang individu. Di ruangan tersebut, para peserta harus menjelaskan seputar pekerjaan yang dijalani saat ini, termasuk kendala dan hambatan serta pemecahan permasalahan. Meski beberapa peserta terlihat gugup, namun pelaksanaan Seleksi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Pemkab.Buleleng pada hari kedua dapat berjalan dengan lancar.(IRN)