87 Peserta ikuti Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang Dan Jasa Kementerian Agama RI

Denpasar. Kementerian Agama se-Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur menggelar Diklat Pengadaan Barang dan Jasa bertempat di Kampus II Balai Diklat Keagamaan Denpasar Mengwitani, Kabupaten Badung, yang digelar pada 28 Maret hingga 1  April 2016. Di hari terakhir, para peserta harus mengikuti Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) secara online yang digelar di Ruang CAT Kanreg X BKN Denpasar.

Ujian yang diikuti oleh 87 peserta ini dilakukan berdasarkan Perpres no.54 Tahun 2010 dan perubahannya mengenai persyaratan  memiliki sertifikat keahlian PBJ bagi PPK, Pokja, ULP dan Pejabat Pengadaan , Perka No.23 Tahun 2015 dan Keputusan Deputi Bidang Pengembangan Dan Pembinaan SDM No.20 Tahun 2014. Para peserta ujian sertifikasi ini sebelumnya sudah harus mengikuti pelatihan PBJP  (Pengadaan Barang Jasa Pemerintah) atau memiliki pengalaman di bidang PBJ dalam 2 tahun terakhir, yang dibuktikan dengan portofolio serta terdaftar sebagai peserta ujian Direktorat Sertifikasi Profesi.

kemenag 1Panitia (kiri) menunjukkan amplop  berisi username serta password  yang masih disegel  kepada salah satu peserta (kanan)

Usai pengarahan dari panitia, seluruh peserta diberikan username serta password yang sebelumnya masih disegel, yang digunakan untuk melakukan log in, sehingga peserta dapat menjawab soal ujian. Tak sedikit peserta yang masih terlihat kebingungan untuk melakukan log in. Panitia pun dengan sigap segera membantu para peserta yang masih kebingungan.

kemenag2Salah satu peserta mengerjakan ujian dengan open book

Selama mengikuti ujian sertifikasi ini, para peserta harus mengerjakan 90 soal dalam waktu 120 menit. Para peserta tidak diperbolehkan membawa barang elektronik di dalam ruang ujian, tetapi diperbolehkan membawa buku tentang regulasi atau peraturan terkait PBJP serta modul pelatihan PBJ karena ujian ini bersifat open book (buka buku). Selama ujian para peserta terlihat serius dalam menjawab soal. Setelah menjawab seluruh soal ujian, para peserta juga dapat langsung mengetahui hasil ujian sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa ini. (IRN)

kemenag3Hasil ujian salah satu peserta yang menyebutkan belum lulus dalam Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa