Kanreg X BKN gelar FGD Untuk Tingkatkan Pelayananan Dan Evaluasi Kinerja

Denpasar. Selaku instansi yang bertanggung jawab terhadap pelayanan kebutuhan PNS di wilayah Bali, NTT dan NTB, Kanreg X BKN pun terus berbenah. Berbagai koordinasi serta komunikasi pun terus dibangun serta dijalin untuk terus meningkatkan pelayanan kepegawaian, termasuk di lingkungan internal Kanreg X BKN.  Hal ini dilakukan pihak Kanreg X BKN melalui FGD (Forum Group Discussion) antar Bidang pada Rabu (27/04) di Ruang Rapat Kakanreg.

Dalam FGD ini membahas segala permasalahan serta rencana strategis kinerja masing-masing bidang ke depan demi peningkatan pelayanan kepegawaian. Dimulai dari Bagian Tata Usaha, yang menjelaskan beberapa progres ke depan, seperti pembangunan 9 rumah jabatan, Pemindahan roll opack sejumlah 70 unit, ISO 9001 : 2015, Ketepatan Laporan Keuangan, update data SAPK pegawai Kanreg. Kemudian dari Bidang Pengangkatan dan Pensiun, pihaknya akan membuat sebuah aplikasi yang nantinya diharapkan dapat mempermudah proses verifikasi dan pelaporan, sehingga berkas dapat lebih mudah dicari dan dapat lebih cepat diproses. Aplikasi tersebut merupakan salah satu inovasi yang dapat dikembangkan demi pelayanan yang lebih baik.

Monev1Pemaparan materi terkait inovasi pelayanan di Bidang Pengangkatan dan Pensiun

Sementara itu, dari Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian diungkapkan bahwa hingga saat ini telah melakukan inovasi diantaranya pemberlakukan batas waktu masuk berkas Kenaikan Pangkat serta penjadwalan penerimaan berkas Kenaikan Pangkat yang masuk. Meski masih terdapat beberapa kendala, namun hal tersebut masih dapat diatasi. Bidang Informasi Kepegawaian (INKA) pun tak kalah semangat dalam memaparkan materinya. Dalam kesempatan ini, Bidang INKA memaparkan Proses dari penerimaan berkas, perekaman data, pengecekan serta penyimpanan Tata Naskah hingga Layanan Penyajian Dokumen Tata Naskah. Selain itu, diungkapkan pula berdasarkan data SAPK per 14 April 2016 tercatat PNS di wilayah Bali, NTT dan NTB sejumlah 296.703.

Menjelang sore, FGD dilanjutkan dengan pemaparan dari Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian. Dijelaskan bahwa hingga Oktober 2016 sudah ada jadwal untuk penggunaan fasilitas Assessment Center, yakni dari instansi Pemerintah Kabupaten serta Propinsi di Wilayah Bali, yang bertujuan untuk pengisian JPT serta Pemetaan Jabatan.  (IRN)