Kanreg X BKN Gelar Penanaman 300 Pohon Mangrove

bakau1

Denpasar. Sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT BKN ke 68, Kanreg X BKN menggelar penanaman 300 pohon bakau di Pantai Pengembak Mertasari, Sanur. Tak hanya itu, kegiatan yang digelar Jumat pagi (29/04) ini juga diisi dengan membersihkan sampah di lingkungan sekitar pantai.

Dalam pengarahannya, Kepala Kantor Regional X BKN mengatakan bahwa penanaman pohon bakau di daerah Mertasari ini merupakan wujud keharmonisan manusia dengan alam. “Dengan menanam pohon bakau dan membersihkan sampah yang ada merupakan satu cara yang harus kita jaga untuk mengharmonisasikan kehidupan bagi manusia yang harmonis. Sinergitas  pun dapat terwujud tidak hanya sebatas di lingkungan pegawai dan masyarakat tetapi juga dengan lingkungan alam yang patut dilestarikan.”

bakau2Sebelum melakukan penanaman bibit pohon bakau, Kepala Kanreg X BKN memberikan pengarahan

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian acara untuk menyambut HUT BKN ke 68, kegiatan sebelumnya yang sudah dilakukan seperti senam aerobic serta sosialisasi kesehatan. Tidak hanya berhenti disini, selanjutnya akan digelar pula brain storming, untuk mengetahui apa yang diinginkan stakeholder, terkait masalah kepegawaian. Menutup pengarahannya, Made Ardita mengajak seluruh peserta untuk selalu melestarikan lingkungan. ”Pada kegiatan ini mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam, yang akan membawa dampak pada kehidupan kita, baik pada masa sekarang maupun masa mendatang. Alam patut menjadi sahabat kita, karena akan memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. “

Usai pengarahan, Made Ardita pun melangkah menuju kawasan hutan bakau untuk menanam beberapa bibit pohon bakau, yang kemudian diteruskan seluruh pegawai. Terlihat beberapa pegawai  tengah mencangkul tanah yang gembur untuk membuat lubang, sehingga dapat ditanami pohon bakau. Tidak hanya di pinggir, beberapa pegawai pun terlihat ada yang berjalan ke tengah melakukan penanaman.Tanahnya yang seperti lumpur membuat beberapa peserta nampak kerepotan saat melangkahkan kaki. Alhasil tangan dan kaki pun kotor terkena lumpur. Namun demikian, seluruh pegawai tampak bersemangat melakukan penanaman pohon bakau.

bakau3


bakau4
Aksi Tanam 300 bibit pohon bakau oleh seluruh pegawai Kanreg X BKN

Setelah penanaman pohon, para peserta melakukan pembersihan sampah di lingkungan sekitar pantai, terutama sampah dari plastik, sebagai wujud menjaga kelestarian alam. (IRN/YDN)