Kepala BKN :Pegawai BKN Harus Mampu Tunjukkan Performance

Denpasar. Rotasi, Promosi dan Demosi merupakan hal yang wajar dalam sebuah organisasi. Ibarat bermain dalam sepakbola, masing-masing pemain harus menunjukkan performance yang bagus agar posisinya tidak digantikan pemain lain. Demikian diungkapkan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam acara Pelantikan Pejabat Pengawas Dan Administrator serta Pengambilan Sumpah PNS di Jakarta (03/05).

“Saya membayangkan kesebelasan sepakbola yang didalamnya terdapat Pelatih,  Assisten Pelatih dan 22 Pemain. Tetapi yang akan bermain hanya 11 orang, sementara sisanya duduk di bangku cadangan. Pelatih harus pandai mengatur 11 pemain untuk masing-masing posisi. Pemain pun harus bisa menunjukkan performance agar dapat bertahan di posisinya. “

Konsepsi ini sama dengan sebuah organisasi. Dalam merit system, Rotasi, Promosi dan Demosi juga berlaku di sebuah organisasi. Namun demosi hampir tidak pernah digunakan, karena dianggap sebagai hukuman. Dalam sepakbola, seorang pelatih dapat melakukan pergantian pemain jika performance pemain tersebut dinilai menurun dan kurang bekerjasama dengan pemain lainnya. Pelatih pun dapat mengganti dengan pemain yang lebih baik.

Selain itu, Bima juga memberikan selamat sekaligus semangat bagi PNS yang baru diambil sumpah. Menurutnya, beruntung lahir sebagai generasi Y, karena memiliki sifat kritis dan mampu menguasai perkembangan informasi serta teknologi. Bima pun berharap generasi ini dapat memberikan sumbangan kinerja yang lebih baik, sehingga dapat mepercepat perubahan dan kembali membangun bangsa dan negara.

Selasa Pagi waktu setempat, Kepala BKN melantik 6 Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan BKN, 7 Kepala Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai ASN yang akan dibangun di Semarang, Serang, Kendari, Jambi, Mataram, Gorontalo dan Padang, serta Pengambilan Sumpah 67 CPNS Tahun Anggaran 2014 yang diangkat menjadi PNS penempatan di BKN Pusat, Kanreg III BKN Bandung dan Kanreg V BKN DKI Jakarta. (IRN)