IPDN Seleksi 279 Calon Praja di Bali Dengan Sistem CAT

Denpasar. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyelenggarakan seleksi Calon Praja Tahun 2016 secara serentak di seluruh Indonesia. Seleksi yang dilaksanakan Rabu (11/05) merupakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang diselenggarakan di CAT Station Kantor Regional BKN, salah satunya di Kantor Regional X BKN Denpasar.

Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg X BKN menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta seleksi sekaligus memberikan penjelasan terkait sistem pelaksanaan tes TKD dengan sistem CAT. Melalui sistem CAT ini mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian, mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel dan bebas KKN. Theodorus juga mengungkapkan bahwa jadwal tes diajukan lebih awal karena sebagian peserta hadir lebih pagi dari waktu yang dijadwalkan.

Pada TKD dengan mengggunakan sistem CAT ini, Kanreg X BKN memfasilitasi sebanyak 279 peserta dari total 310 peserta, yang dibagi ke dalam 4 sesi tes. Dalam tes TKD ini seluruh peserta harus menjawab 100 soal dalam waktu 90 menit. Soal yang diujikan yaitu Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi, yang masing-masing memiliki passing grade. Passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi 105, Tes Intelegensi Umum 75 dan Tes Wawasan Kebangsaan 70. Peserta yang nilainya di atas passing grade akan dinyatakan lulus dan dapat mengikuti seleksi selanjutnya, yakni tes kesehatan. Selain TKD dan Tes Kesehatan, Calon Praja IPDN juga harus melalui tahapan seleksi lainnya diantaranya Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran, Verifikasi Faktual Dokumen, Tes Kesamaptaan dan Tes Wawancara.

cat3Para peserta mendapat pengarahan sebelum melaksanakan ujian TKD dengan menggunakan sistem CAT (foto:INS)

Secara keseluruhan TKD berjalan dengan lancar. Keluarga yang turut menemani para peserta juga dapat memonitoring nilai tes para peserta yang terus berjalan naik turun melalui layar monitor yang berada di belakang gedung utama. Usai ujian, para peserta juga dapat langsung mengetahui nilai total TKD yang diperoleh.  Dalam ujian TKD secara keseluruhan, tercatat nilai tertinggi 373,00 yang berhasil diraih I Gusti Ayu Nindya Astari , dengan rincian nilai TWK 95, TIU 135 dan TKP 143.(IRN)

cat2Usai  ujian, Dua peserta segera melihat perolehan nilai TKD di papan pengumuman (foto:IRN)