Kanreg X BKN Fasilitasi Pemkab.Klungkung Dalam Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah

Denpasar. Senin (16/05), Kanreg X BKN Denpasar memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah Tahun 2016 yang diikuti 26 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung. 26 PNS tersebut terdiri dari 3 PNS yang mengikuti Ujian Penyesuaian Ijazah SMP, 3 PNS mengikuti Ujian Penyesuaian Ijazah SMA dan 20 PNS Penyesuaian Ijazah S1. Materi yang diujikan diantaranya 40 soal Pengetahuan Umum dan 40 soal Kebijakan Pemerintahan, yang masing-masing soal harus dikerjakan dalam waktu 45 menit. Sementara 30 soal Bahasa Indonesia dan 30 soal Bahasa Inggris masing-masing dikerjakan dalam waktu 35 menit. Tetapi untuk soal Bahasa Inggris hanya diperuntukkan bagi peserta yang mengikuti Ujian Penyesuaian Ijazah tingkat SMA dan S1.

Raut muka beberapa peserta terlihat tegang dan serius saat membaca lembar soal yang dipegang. Beberapa tampak pula yang duduk dengan santai sambil menyilang salah satu pilihan ganda dalam lembar jawaban. Beberapa panitia dari Kanreg X BKN juga turut mengawasi jalannya ujian.

PIDrs. Theodorus Darius Lusi M.Si. (berdiri) saat memberikan pengarahan

Sebelumnya, para peserta sudah diberikan pengarahan oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Drs. Theodorus Darius Lusi M.Si. Dalam pengarahannya, Theodorus menegaskan bahwa untuk menjamin tertib administrasi dan pembinaan karier bagi Pegawai Negeri Sipil yang memperoleh Surat Tanda Tamat Belajar atau ljazah yang lebih tinggi perlu mengatur lebih lanjut kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil tersbut. Tahapan kenaikan pangkat tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui ujian penyesuaian ijazah.  Selain itu, Theodorus juga memberikan penjelasan mengenai Jabatan ASN yang terdapat dalam UU No.5 Tahun 2014 tentang ASN. Menutup pengarahannya, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian berharap seluruh peserta dapat melaksanakan ujian dengan sebaik-baiknya sehingga dapat lulus dengan nilai yang memuaskan. (IRN)