STMKG Kembali Percayakan CAT Untuk Seleksi TKD dan TKA

Denpasar. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) kembali membuka kesempatan bagi seluruh WNI yang berusia 17 hingga 23 tahun untuk bergabung menjadi Taruna Baru Tahun Akademik 2016/2017 melalui beberapa tahapan seleksi. Pada tahap pertama, para peserta harus lulus Tes Kemampuan Dasar (TKD), kemudian tahap kedua Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tahap ketiga Tes Wawancara dan Kesehatan. Untuk TKD dan TKA dilaksanakan di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara dan Daerah dengan sistem CAT (Computerized Assisted Test ), salah satunya di Kanreg X BKN Denpasar.

Dalam pengarahannya, Dr. I Putu Pudja,M.M selaku Lektor Kepala STMKG mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas keinginannya untuk bergabung menjadi Taruna Baru STMKG Tahun Akademik 2016/2017. Karena beberapa tahun lalu, peserta yang mendaftar dapat dihitung dengan jari. Putu Pudja pun berharap, seluruh peserta dapat mengerjakan dengan baik seluruh soal yang diujikan, sehingga hasilnya dapat baik pula. Dengan sistem CAT ini, hasil tes dapat lebih transparan dan seluruh peserta pun dapat langsung mengetahui nilai yang diperoleh usai menyelesaikan tes. Keluarga peserta yang berada di luar gedung juga dapat memonitoring nilai ujian melalui layar monitor yang sudah disediakan.

stmkg1Dr. I Putu Pudja,M.M memberikan pengarahan kepada seluruh peserta sebelum ujian dimulai

Pelaksanaan tes TKD dan TKA di Kanreg X BKN Denpasar secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Tes TKD yang dibagi menjadi 3 sesi diikuti oleh 217 dari total 268 peserta. Sesuai dengan Permenpan RB No.29 Tahun 2014, peserta dinyatakan lulus jika memenuhi nilai ambang batas minimal. Untuk Tes Wawasan Kebangsaan nilai ambang batas minimalnya 70, Tes Inteligensia Umum 75 dan Tes Karakteristik Pribadi 126. Peserta yang dinyatakan lulus TKD dapat mengikuti TKA pada hari dan tempat yang sama. Dari 217 peserta, hanya 93 peserta yang dinyatakan lulus dan dapat mengikuti tes selanjutnya, yakni TKA. Namun pada saat pelaksanaan TKA peserta yang hadir hanya tercatat 92 peserta.

stmkg2Suasana saat pelaksanaan tes TKD di ruang CAT

Tes TKA yang hanya dilaksanakan 1 sesi ini mengujikan soal Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris. Bagi peserta yang dinyatakan lulus dapat mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan di Kantor UPT BMKG terdekat dan Tes Kesehatan. (IRN)