Tindak Lanjuti PP No.18 Tahun 2016, Pemkab. Karangasem Lakukan Pemetaan JPT

Denpasar. Untuk pertama kalinya Pemkab.Karangasem menggunakan Assessment Center dalam Ujian Kompetensi Pemetaan JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) Pratama Pemerintah Kabupaten Karangasem sebagai tindak lanjut dari PP No.18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Kegiatan yang digelar di Kanreg X BKN Denpasar ini dibuka secara resmi pada Selasa (02/08) dengan pengalungan tanda peserta oleh Kakanreg X BKN Denpasar Drs. Made Ardita M.Si dan Sekda Kabupaten Karangasem Ir. I Gede Adnya Mulyadi M.Si.

AC karangasem Drs. Made Ardita M.Si mengalungkan tanda peserta Ujian Penilaian Kompetensi Pemetaan Jabatan Kab.Karangasem

Sementara itu, dalam sambutannya Kakanreg X BKN Denpasar menyampaikan bahwa Kanreg X BKN mengapresiasi langkah Pemkab. Karangasem yang telah  memanfaatkan Assessment Center dalam Ujian Kompetensi Pemetaan JPT di lingkungan Pemkab. Karangasem. “Tentu kita berharap kerjasama diantara Kanreg X BKN dengan Pemkab.Karangasem yang telah  bersinergi khususnya dalam pembinaan pegawai yang ada di wilayah Karangasem merupakan kerjasama yang luar biasa. Kita berharap banyak ke depan lebih intensif bekerjasama, khususnya dalam hal pemanfaatan Assessment Center ini untuk mengetahui potensi dan kemampuan para peserta. Hasilnya pun dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan jabatan dan pembinaan karier.”

AC karangasem3Suasana pembukaan Penilaian Kompetensi Pemetaan JPT Pratama Pemkab.Karangasem

Menanggapi sambutan Kakanreg X BKN, Sekda Pemkab. Karangasem Ir.I Gede Adnya Mulyadi M.Si menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kerjasama yang terjalin dengan Kanreg X BKN, khususnya dalam pemetaan JPT di lingkungan Pemkab. Karangasem.  Karena menurutnya, JPT memiliki peran yang sangat strategis dalam sebuah instansi. Pemetaan jabatan inipun harus dilakukan secara terbuka dan kompetitif dengan memperhatikan kompetensi dan integritas, seperti yang terungkap dalam pasal 108 PP No.18 Tahun 2016, salah satunya dengan memanfaatkan Assessment Center “Karangasem baru pertama kali melakukan Assessment Center dan sangat bagus bagi kami dalam membantu Baperjakat dalam melakukan pemetaan jabatan. Kami akan memberikan rotasi rekan-rekan sesuai kompetensinya dan tidak ada suka atau tidak suka. Selain itu, juga membantu pimpinan dalam menentukan tingkat kinerja instansi lebih bagus. Saya yakin seluruh peserta disini berkompeten, oleh karena itu lakukan, jalani dan nikmati ujian kompetensi ini”.

Usai acara pembukaan, seluruh peserta pun bersiap mengikuti jalannya ujian kompetensi sesi pertama yang dimulai dengan CFIT  (Culture Fair Intelegence Test) , Proposal Writing, DISC (Dominance Influence Steadiness Conscientiousness), PAPIKOSTIK, Wartegg dan diakhiri dengan tes Grafis. Di sesi kedua, seluruh peserta yang dibagi menjadi 6 kelompok harus melakukan LGD (Leaderless Group Disscussion) di ruang tertutup. Ujian Kompetensi JPT Pratama Pemerintah Kabupaten Karangasem diakhiri dengan ujian w  awancara yang digelar pada Rabu (04/08) dan Kamis (05/08). (IRN)

AC karangasem2Salah satu peserta sedang memaparkan pogram kerjanya di hadapan 2 assesor di ruang wawancara