Dekatkan Layanan Kepegawaian, BKN Resmikan UPT Mataram

Mataram. Pada Kamis (13/10) BKN resmikan UPT (Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara) yang berada di Kota Mataram. UPT ini merupakan UPT ke-lima yang sudah diresmikan oleh BKN pada tahun ini, karena sebelumnya BKN sudah meresmikan UPT Jambi pada bulan Juni, UPT Semarang pada bulan Agustus, UPT Serang dan Gorontalo pada bulan September. Pendirian UPT BKN Mataram ini ditunjukan untuk mempercepat dan mendekatkan layanan kepegawaian di daerah, sejalan dengan upaya untuk mengoptimalkan layanan kepegawaian seperti pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ujian dinas, ujian kenaikan pangkat, dan uji kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT BKN).

kep-bkn-sambutanKepala BKN saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Bima Haria Wibisana berharap kantor UPT BKN ini dapat lebih mendekatkan pelayanan kami kepada masyarakat dan kepada para Aparatur Sipil Negara khususnya. Perjalanan dan pengembangan UPT BKN ini ke depan tentunya perlu dukungan dari berbagai pihak dan seluruh elemen masyarakat. “Dari sisi BKN kami meningkatkan pelayanan yang lebih baik, salah satunya melalui fasilitas CAT ( Computer Assisted  Test) yang cepat aman dan terpercaya. Hasilnya juga dapat langsung dilihat dan lebih terpercaya. Melalui Cat, diharapkan dapat meningkatkan rasa aman bagi seluruh peserta dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Selama ini beredar kabar hanya anak pejabat saja yang bisa jadi PNS, tapi kini tidak lagi. Karena semua lapisan masyarakat dapat mengikuti tes secara transparan” tegasnya.

Sementara itu, ditanya usai peresmian, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. KH. TGH. Muh. Zainul Majdi M.A mengungkapkan apresiasinya atas diresmikannya Kantor UPT Mataram. “Kabupaten Kota di wilayah Nusa Tenggara Barat menyampaikan apresiasinya atas disediakannya sarana UPT Mataram. Jika  kita anggap sungai yang memiliki hulu hilir, ya ini hulunya. Melalui fasilitas yang berada di UPT Mataram ini nantinya diharapkan dapat menghasilkan Calon ASN yang benar-benar berkualitas. Fasilitas yang telah disediakan BKN akan kami manfaatkan semaksimal mungkin, sehingga hasilnya dapat maksimal pula” ungkapnya.

ttd-web                                                            Kepala BKN melakukan penandatanganan prasasti peresmian Kantor UPT Mataram

Peresmian UPT Mataram ini dilakukan dengan pembukaan tirai oleh Kepala BKN dan Gubernur NTB, Penandatanganan Prasasti oleh Kepala BKN dan pengguntingan pita oleh Kepala BKN dan Gubernur NTB. Usai peresmian, Kepala BKN yang didampingi Sekretaris Utama Usman Gumanti dan para pejabat tinggi di lingkungan BKN beserta Gubernur NTB melakukan peninjauan di beberapa ruangan di kantor UPT Mataram, salah satunya di ruang CAT.

cat-webKepala BKN (paling kanan) dan Gubernur NTB (memakai peci) saat meninjau simulasi CAT

Untuk mengenalkan sistem CAT kepada masyarakat di NTB, dalam peresmian ini dilakukan pula simulasi CAT, sehingga seluruh peserta dapat mengetahui bagaimana SOP (Standard Operational Prucedur) dan dapat mencoba secara langsung mengikuti tes menggunakan sistem CAT. (IRN)