Lulus Tes CAT, Pejabat Eselon III Ikuti Assessment Center

Denpasar. Setelah melalui tes CAT (Computer Assisted Test) pada Kamis  (01/11) lalu, 50 Pejabat Eselon III di lingkungan Pemkab. Tabanan yang dinyatakan lulus , selanjutnya harus mengikuti Pemetaan Jabatan melalui Assessment Center untuk mengetahui kompetensi masing-masing pegawai. Seleksi digelar Senin (07/11) hingga Jumat (11/11) di Ruang Assessment Center Kanreg X BKN.

tbn1Drs. Nyoman Dartana (kiri) saat menyampaikan sambutan didampingi Kepala BKD Kab. Tabanan Drs. I Made Yasa, ATD, MM, M.Si (kanan)

Sebelum membuka Pemetaan Jabatan melalui Assessment Center, Drs. Nyoman Dartana selaku PLT. Kepala Kanreg X BKN menyampaikan ucapan selamat kepada 50 pejabat Eselon III yang telah lulus tes CAT, yang merupakan salah satu tahapan tes dalam Pemetaan Jabatan di lingkungan Pemkab. Tabanan. Peserta yang lulus tes CAT, selanjutnya harus mengikuti Assessment Center. “Assessment Center merupakan salah satu tahapan yang bermanfaat untuk memperoleh PNS yang menduduki  jabatan sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya. Karena dalam menduduki sebuah jabatan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kemampuan serta kecepatan dalam menganalisis, dan itu dapat terlihat dalam Assessment Center”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BKD Kab. Tabanan Drs. I Made Yasa, ATD, MM, M.Si mengatakan, Assessment Center ini bukan menentukan siapa yang lulus atau tidak lulus, tetapi mencari kompetensi masing-masing pegawai dan hasil tes ini nantinya akan disampaikan kepada pimpinan. “Hasil tes melalui Assessment Center ini nantinya dapat menjadi pertimbangan bagi pimpinan dalam menempatkan pegawai sesuai kompetensinya. Sehingga diharapkan seluruh pegawai dapat bekerja dengan nyaman dan tujuan organisasi pun dapat terlaksana dengan baik” jelasnya.

Ditambahkan pula, sebagai bentuk implementasi PP Nomor 18 Tahun 2016, Pemkab. Tabanan saat ini juga sedang memperbaharui tata organisasi. Diharapkan, nantinya dapat diduduki Pejabat Eselon III yang saat ini mengikuti Assessment Center.

tbn2LGD (Leaderless Group Discussion) merupakan salah satu tes yang diujikan dalam Assessment Center

Dalam Seleksi Assessment Center, kelimapuluh Pejabat yang dinyatakan lulus Tes CAT ini harus mengikuti beberapa tahapan tes diantaranya tes Tertulis yakni tes psikometri, proposal writing dan wartegg, yang dilanjutkan LGD (Leaderless Group Discussion) serta wawancara. (IRN)