Gandeng Kanreg X BKN, Kemenkumham Bali gelar Ujian PI dan Seleksi Peserta Diklatpim Tk.III

Denpasar. Selasa (29/11), Kanreg X BKN memfasilitasi Kemenkumham Bali dalam pelaksanaan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dan Seleksi Peserta Diklatpim Tk.III dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assissted Test). Untuk Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah diikuti oleh 60 peserta, sementara Seleksi Peserta Diklatpim Tk.III diikuti 5 orang peserta.

pi-kumhamRita Rusmarti memberikan motivasi kepada seluruh peserta sebelum ujian dimulai

Rita Rusmarti selaku PLH.Kepala Divisi Administrasi Kanwil.Kemenkumham Bali berharap seluruh peserta dapat mengikuti dengan serius, karena ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dilalui PNS untuk Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah. Pihaknya juga menambahkan tes ini bukan satu-satunya faktor yang akan menentukan kelulusan. “Diharapkan seluruh  peserta dapat mengikuti ujian dengan serius dan tidak menganggap hanya tes ini yang menjadi acuan untuk kelulusan. Karena masih ada faktor lainnya seperti faktor kinerja. Selain itu, dalam mengerjakan ujian gunakan pikiran dan hati dengan tenang,” ungkapnya.

Sementara itu, Drs. Sang Nyoman Dartana menyampaikan bahwa tes ini merupakan tes CAT dengan menggunakan komputer, sehingga pelaksanaan tes lebih akuntabel dan transparan. Ujian ini merupakan salah satu proses untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Nyoman Dartana berharap seluruh peserta dapat mengikuti tes ini dengan penuh konsentrasi dan ketenangan dan mendapatkan hasil yang terbaik.

pi-kumham2Peserta tampak tegang mengerjakan soal ujian  di dalam ruang CAT

Soal yang diujikan dalam Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah ini antara lain 25 soal Tes Pengetahuan Umum, 20 soal Tes Intelegensi Umum, 20 soal Tes Karakteristik Pribadi dan 35 soal tes Subtansi. Sementara untuk Tes Diklatpim Tk.III terdiri dari 35 soal tes Kompetensi dasar, 40 soal Kompetensi Teknis dan 25 soal tes Karakteristik Pribadi. Seluruh peserta harus menyelesaikan semua soal tersebut dalam waktu 90 menit.

Saat ditanya usai ujian, beberapa peserta mengaku kesulitan saat menjawab soal, terlebih soal ujian dari bidang lain. Merekapun saling bercerita bagaimana menjawab soal ujian dan menunjukkan nilai-masing-masing sebagai perbandingan. (IRN)