SIMPEL Permudah Manajemen Pengadaan Barang dan jasa

Denpasar. “SIMPEL yang dirilis sejak Tahun 2013 dengan versi 1.0.0  merupakan sistem yang dibangun untuk memfasilitasi proses pengadaan langsung secara elektronik dan mengelola database hasil pengadaan langsung, dalam rangka menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk penyusunan spending analysis, analisa standard biaya, laporan pelaksanaan pengadaan langsung serta laporan manajerial lainnya sesuai kebutuhan dan ketentuan yang berlaku.” Hal tersebut diungkapkan Rachman Sukri dari LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Kementerian Keuangan dalam Sosialisasi SIMPEL (Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung) di lingkungan Kanreg X BKN, yang digelar Rabu (01/03) di Ruang Rapat Arjuna.

Rachman Sukri saat menjelaskan tampilan SIMPEL versi 4.00 yang dirilis November 2016

Dengan didampingi Suyanto S.Pd selaku Kasubbag. Pengadaan Barang dan Jasa BKN dan Sulpicius Suheryanto selaku Arsiparis BKN, lebih lanjut Rachman Sukri menjelaskan aplikasi ini sudah mengalami banyak perubahan dan terakhir diimplementasikan menggunakan versi 4.0.0 yang dirilis November 2016 lalu. Rencananya akan dikembangkan lagi menggunakan versi 5.0.0 pada Bulan Desember 2017. Fitur yang terdapat dalam SIMPEL versi 4.0.0 terdiri dari proses pengadaan langsung secara elektronik dan manajemen database hasil pengadaan langsung, yakni database harga dan database penyedia pengadaan langsung. “Ada beberapa fitur yang dimasukkan dalam aplikasi SIMPEL, diantaranya profil penyedia per lokasi dan per klasifikasi bidang usaha, sehingga dapat dengan mudah mencari penyedia sesuai dengan lokasi instansi serta kebutuhan yang dicari,” ungkapnya.

Melalui aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan pejabat pengadaan dalam mencari penyedia, mendorong penyedia untuk meningkatkan kualitas dan kemampuannya serta dapat meningkatkan kualitas pelaporan pengadaan langsung. (IRN)