Pemkab. Buleleng Gunakan CAT Dalam Ujian KP Penyesuaian Ijazah

Denpasar. Jumat (03/03), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab. Buleleng menggelar Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah yang diikuti oleh 63 peserta. 60 peserta diantaranya Penyesuaian Ijazah dari SMA ke Diploma, dan 3 lainnya Penyesuaian Ijazah dari S1 ke S2. Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah ini dilakukan dengan sistem (Computer Assissted Test) CAT dan wawancara.

Dalam tes  CAT, para peserta harus menjawab Materi yang diujikan diantaranya 40 soal Pengetahuan Umum dan 40 soal Kebijakan Pemerintahan, yang masing-masing soal harus dikerjakan dalam waktu 45 menit. Sementara 30 soal Bahasa Indonesia dan 30 soal Bahasa Inggris masing-masing dikerjakan dalam waktu 35 menit. Meski sudah melakukan persiapan dengan mempelajari berbagai peraturan dan pengetahuan umum, namun peserta masih terlihat tegang di depan komputer saat mengerjakan ujian.

Tampak ekspresi salah satu peserta mulai mengerjakan soal dengan CAT

Sebelumnya dalam simulasi CAT yang digelar Kamis (02/03), Ir. Gede Subur selaku Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM Kab.Buleleng menekankan kepada seluruh peserta untuk konsentrasi dan fokus saat mengikuti ujian. “Seluruh peserta diharapkan dapat lebih fokus dengan ujian ini, karena menggunakan sistem CAT dan wawancara. Diharapkan, seluruh peserta dapat lulus dengan nilai memuaskan, ” ungkapnya.

Istiyarno S.IP (paling kanan) saat meberikan sambutan didampingi Ir. Gede Subur (tengah) dan Desman Juliver Sinaga (paling kiri)

Lebih lanjut dalam pengarahannya, Istiyarno S.IP mengatakan bahwa sesuai dengan perkembangan jaman saat ini pengelolaan manajemen kepegawaian menggunakan teknologi, salah satunya CAT. “Sistem CAT ini digunakan tidak hanya untuk penerimaan CPNS, tetapi juga untuk Ujian Dinas, Kenaikan Pangkat dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP), termasuk Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah yang dilakukan Pemkab. Buleleng saat ini.” Lebih lanjut dijelaskan, BKN juga akan mengadakan Talent Pool JPT di seluruh Indonesia. Pihaknya pun menghimbau agar Pejabat Administrator dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti Talent Pool tersebut. (IRN)