Mantapkan Pelatihan Bahasa Inggris, PNS Kanreg X BKN Ikuti Placement Test

Denpasar. Kini kompetensi dan potensi PNS dituntut semakin berkembang, seiring dengan jaman dan teknologi yang semakin canggih. Tak hanya di bidang teknologi, kini PNS juga dituntut bisa berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, sehingga lebih mudah menjalankan tugasnya di Era digital saat ini.

Bekerjasama dengan salah satu lembaga Bahasa Inggris di Bali IALF (Indonesia Australia Language Foundation), Kanreg X BKN akan menggelar pelatihan/kursus Bahasa Inggris bagi pegawai di lingkungan Kanreg X BKN yang dimulai pertengahan Maret mendatang. Namun sebelum memulai kursus, pihak IALF mengadakan Placement Test pada Jumat (03/03) di Aula Bimasena, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris yang dikuasai oleh para peserta.

Placement Test yang diikuti sekitar 30 pegawai ini mengujikan materi grammar (tata bahasa) secara tertulis dan conversation (percakapan) melalui wawancara. Dalam ujian grammar, peserta harus mengerjakan 45 soal dengan pilihan ganda serta membuat tulisan terkait rutinitas sehari-hari dan pengalaman yang paling berkesan. Sementara dalam conversation, seluruh peserta harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dua orang pengajar dari IALF, Krisna dan Arya. Pertanyaan yang diajukan tidak jauh dari rutinitas pekerjaan yang dilakukan setiap harinya.

Tak sedikit yang menghabiskan waktu lama untuk menyelesaikan seluruh soal ujian tersebut, karena memang tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi ujian ini. (IRN)