Mantapkan UPKP, Pemkab. Karangasem lakukan Simulasi CAT

Denpasar. Untuk memantapkan pelaksanaan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) Penyesuaian Ijazah (PI), 199 PNS di lingkungan Pemkab. Karangasem menggelar simulasi tes dengan menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT) bertempat di Ruang CAT Kanreg X BKN. Kegiatan yang digelar Senin pagi (13/03) ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Istiyarno S.IP usai memberikan pengarahan di Aula Bimasena.

Kabag. Tata Usaha Kanreg X BKN (kiri) saat memberikan pengarahan didampingi Kabid. Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian (kanan)

Diungkapkan Istiyarno dalam pengarahannya, selaku pembina dan penyelenggara manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah kerjanya, Kanreg X BKN selalu melakukan kerjasama dengan Kabupaten/Kota serta Provinsi di wilayah kerja Kanreg X BKN, terkait pengembangan manajemen kepegawaian. Seperti yang dilakukan saat ini, Kanreg X BKN memfasilitasi Pemkab. Karangasem dalam UPKP PI dengan sistem CAT. “ Selama 3 hari ke depan, mohon mengikuti UPKP dengan menggunakan sistem CAT. Sistem ini tidak hanya untuk UPKP tetapi  juga ujian dinas, sehingga diharapkan pada periode berikutnya Kanreg X BKN dapat kembali melakukan kerjasama dengan Pemkab. Karangasem dalam ujian dinas,” jelasnya. Lebih lanjut dikatakan, dalam simulasi hari ini yang dilakukan di ruang CAT Kanreg X BKN, peserta harus  mengerjakan 20 soal, yang masing-masing soal dijawab dalam waktu 1 menit.

Ditambahkan Drs. Theodorus Darius Lusi, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, UPKP PI ini merupakan salah satu seleksi dalam mempersiapkan diri untuk pengembangan jenjang karier ke depan bagi seluruh peserta. “Tentu seluruh peserta saat ini masih menjabat staff dan belum menduduki jabatan. Bagi S1 yang akan naik golongan ke III/a sebagai Penata Muda akan punya peluang untuk ikut promosi ke Eselon IV/b,” ungkapnya. Kami berharap kesempatan ini dapat digunakan semaksimal mungkin bagi seluruh peserta. Theodorus berharap seluruh peserta dapat mengikuti ujian ini dengan semaksimal mungkin, karena dapat menentukan pengembangan karier ke depan. “Nilai dari hasil tes CAT ini nantinya akan disampaikan kepada pimpinan di daerah dan akan menjadi acuan atau bahan pertimbangan dalam pengembangan karier,”tegasnya.

Meski hanya simulasi, para peserta tampak serius menjawab soal ujian

Pelaksanaan UPKP PI yang diikuti 199 peserta ini akan dilaksanakan Selasa pagi (14/03) di ruang CAT Kanreg X BKN dan dibagi 2 sesi. Seluruh peserta harus mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit, yang diantaranya soal tentang Pancasila, UUD 1945, KORPRI, Peraturan Perundang-undangan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta Tupoksi masing-masing peserta. (IRN)