Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah, Pemkab. Jembrana Percayakan CAT

Denpasar. Dalam rangka mengembangkan karier Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten Jembrana bekerjasama dengan Kanreg X BKN akan mengadakan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test, atau yang dikenal dengan CAT. Ujian akan digelar pada Rabu (15/03) di ruang CAT Kanreg X BKN. Namun untuk lebih memantapkan jalannya ujian, seluruh peserta yang berjumlah total 50 orang ini mengikuti simulasi CAT yang digelar di Kanreg X BKN.

Seluruh peserta mengikuti pengarahan terkait petunjuk teknis pelaksanaan ujian dengan sistem CAT

Membuka simulasi, Istiyarno S.IP memberikan pengarahan terkait petunjuk teknis serta Standard Operational Procedur (SOP) dalam pelaksanaan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dengan menggunakan CAT. “Sebelum mengikuti ujian, seluruh peserta dapat meletakkan barang di loker yang telah disediakan dan duduk di ruang CAT sesuai dengan nomor peserta. Saat ujian, tidak perlu menengok kanan dan kiri karena soal ujian antara satu dengan yang lain berbeda. Namun demikian, tingkat kesulitan dan kemudahan seluruh soal ujian adalah sama, “ ungkapnya.

Salah satu peserta tampak bertopang dagu, memikirkan jawaban dari soal ujian dalam simulasi

Dalam simulasi ini, seluruh peserta harus menjawab 20 soal ujian dalam waktu 15 menit. Dijelaskan Rama Beta Herdian S.Kom selaku Kepala Seksi Supervisi Kepegawaian, soal yang akan diujikan terdiri dari beberapa materi, yakni Tes Pengetahuan Umum, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi dan Tes Substansi. Sebelum memulai simulasi ujian, seluruh peserta pun dikenalkan dengan sistem CAT yang sudah digunakan banyak instansi pemerintah baik dalam Ujian Dinas, Pemetaan Jabatan serta Promosi jabatan. (IRN)