Kedepankan Transparansi, Pemkab. Tabanan Gunakan CAT Dalam Seleksi Tenaga Kontrak Tahun 2017

Denpasar. Mengisi 158 lowongan formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis di Dinas Kesehatan, BRSU Tabanan, Puskesmas serta UPT. Rumah Sakit Nyitdah, Pemkab. Tabanan membuka kesempatan bagi masyarakat, baik di Bali maupun diluar Bali, untuk mengikuti seleksi Pengangkatan Tenaga Kontrak  pada Pemerintah Kabupaten Tabanan Tahun 2017. Dalam ujian seleksi ini, Pemkab. Tabanan juga menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Kanreg X BKN, sehingga pelaksanaan Seleksi Pengangkatan Tenaga Kontrak dapat lebih cepat diketahui hasilnya, transparan dalam pelaksanaanya dan hasil seleksi juga lebih akuntabel.

Sekda Kab. Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, M.M memantau jalannya ujian seleksi Pengangkatan Tenaga Kontrak

Hal tersebut ternyata diapresiasi secara positif oleh pihak Pemkab. Tabanan, Sekda. Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, M.M serta Ketua Komisi I DPRD Kab. Tabanan I Gede Suadnyana Darma, SH. “Agar hasil lebih transparan, Pemkab. Tabanan menggunakan CAT, jadi tidak ada joki-jokian dalam lowongan ini. Selain itu, dalam seleksi wawancara pihak Pemkab.Tabanan juga akan melibatkan Tim Ahli di Bidang Kesehatan” berikut diungkapkan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, M.M saat meninjau pelaksanaan ujian Tes Kompetensi Dasar  (TKD) di ruang monitoring CAT Kanreg X BKN. Hal senada juga dikatakan I Gede Suadnyana Darma, S.H. “Nilai masing-masing peserta dapat langsung diketahui dan diumumkan usai ujian. Sehingga tidak ada lagi kecurangan dalam pelaksanaan seleksi.”

Ida Ayu Rai Sri Dewi S.H, M.Si (2 dari kanan) saat berdialog dengan Ketua Komisi I DPRD Kab. Tabanan (paling kiri)

Ida Ayu Rai Sri Dewi S.H, M.Si selaku Kepala Kanreg X BKN dalam kesempatan ini juga mengatakan bahwa CAT ini sudah digunakan sejak beberapa tahun lalu. Tak hanya untuk penerimaan CPNS, CAT juga dapat digunakan untuk Ujian Dinas, Kenaikan Pangkat, penerimaan mahasiswa Ikatan Dinas serta seleksi pegawai, salah satunya seleksi tenaga kontrak, seperti yang dilakukan Pemkab. Tabanan.

 Setelah melalui tahap seleksi administrasi, 940 peserta dinyatakan lolos dan dapat mengikuti TKD pada Kamis (15/03) hingga Jumat (17/03) di Kanreg X BKN. 158 Formasi Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis yang diantaranya Perawat, Bidan, Apoteker, Dokter, Fisioterapis, Akuntansi, Keuangan dan Teknik Elektro ini, nantinya akan ditempatkan di RS Nyitdah sebanyak 114 orang, BRSU Tabanan 34 orang, 10 orang dokter yang akan ditempatkan di sejumlah Puskesmas yang ada di 10 Kecamatan di Tabanan. Namun sayangnya, peserta yang lolos administrasi tidak semuanya datang. Beberapa kursi di ruang CAT terlihat kosong  karena peserta tidak hadir.(IRN)

beberapa kursi terlihat  ada yang kosong karena ketidakhadiran peserta