Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama, Kanreg X BKN Gelar Donor Darah

Denpasar. Menjelang puncak acara HUT BKN ke 69, Kanreg X BKN menggelar berbagai kegiatan. Tak hanya kegiatan untuk melatih kekuatan fisik melalui olah raga jalan sehat dan pertandingan bulutangkis, Kanreg X BKN juga menggelar kegiatan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama melalui donor darah. Kegiatan yang digelar di Aula Gedung Tata Naskah ini dibuka secara langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Istiyarno S.IP mewakili KepalaKanreg X BKN.

Istiyarno S.IP (kiri) saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Istiyarno mengatakan rasa peduli terhadap sesama dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain dengan menyumbangkan barang atau uang kepada fakir miskin, kegiatan sosial juga dapat dilakukan melalui donor darah. Dengan menyumbangkan darah, kita dapat membantu orang lain yang membutuhkan darah, seperti misalnya korban kecelakaan sertap asien yang mengalami pendarahan. Sementara itu diungkapkan salah satu perwakilan dari UPTD PMI Provinsi Bali Dr. Andi, donor darah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya untuk mendeteksi dini resiko kesehatan. Selain itu dapat pula melindungi jantung, mencegah stroke, meningkatkan sel darah merah serta membantu sirkulasi darah.

Usaipembukaan, beberapa peserta mulai memenuhi meja pendaftaran untuk mengisi formulir sekaligus memeriksa tekanan darah, golongan darah dan tingkat Hemoglobin. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur tingkat kesehatan serta mengetahui apakah peserta memenuhi persayaratan untuk mengikuti donor darah. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan donor darah diantaranya kondisi tekanan darah normal , kadar Hemoglobin antara 12,5 hingga 17 gr dan jarak untuk donor darah setidaknya 12 minggu atau 3 bulan.

Salah satu peserta tampak memainkan HP untuk mengurangi rasa takut saat donor darah

Dalam donor darah kali ini terkumpul 24 kantong darah yang nantinya akan dipergunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan darah. Dari sekitar 30 orang peserta, hanya 24 peserta yang memenuhi persayaratan untuk mengikuti donor darah. Hal tersebut disebabkan diantaranya karena tekanan darah yang tinggi serta anemia. (IRN)