Pemkab. Klungkung Gelar Simulasi Ujian KP PI Dengan Sistem CAT

Denpasar. Guna memantapkan pelaksanaan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dengan sistem Computer Assissted Test (CAT), 46 pegawai di lingkungan Pemkab. Klungkung  Jumat Pagi (02/06) mengikuti Simulasi Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah di Kanreg X BKN. Sebagian besar merupakan lulusan SMA yang mengikuti penyesuaian ijazah ke S1.

Dalam simulasi Ujian KP PI, seluruh peserta diberi pembekalan serta pengarahan dari Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian

Dalam pengarahannya, Drs. Theodorus Darius Lusi, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian mengatakan ujian ini merupakan kunci kelulusan dalam ujian Penyesuaian Ijazah, sehingga diharapkan seluruh peserta dapat mengerjakan soal ujian dengan sunguh-sungguh. Selain itu, materi yang diujikan tidak hanya Pengetahuan Umum dan Bahasa, tetapi juga pengetahuan terkait substansi kepegawaian. “Pelajari lebih lanjut tentang Undang-Undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, karena mungkin saja keluar dalam soal ujian,” ungkapnya.

Jalannya simulasi dipandu oleh A.H. Fathurahman S.Kom dan Ade Judi Basma Hantana ST di dalam ruang CAT Kanreg X BKN. Sebagian besar sudah terbiasa menggunakan komputer, namun ada pula yang ternyata belum bisa mengoperasikan komputer karena memang dalam pekerjaannya tidak menggunakan komputer sebagai alat bantu. Meski pada awalnya merasa kesulitan, namun setelah diberi penjelasan serta dibantu dalam mengoperasikan komputer akhirnya dapat dengan lancar mengoperasikan komputer.

Beberapa peserta terlihat serius menyimak pengarahan

Diharapkan melalui simulasi ini, seluruh peserta dapat lebih memahami penggunaan aplikasi dengan menggunakan sistem CAT, sehingga pada 6 Juni mendatang dapat mengerjakan soal ujian KP PI dengan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan. Rencananya, Ujian KP PI ini akan digelar dalam 1 sesi dengan mengujikan materi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi dan Substansi. (IRN)