Pentingnya Talent Pool Bagi Perencanaan Karier Kader-Kader Potensial

Denpasar. Di hari ke empat pelaksanaan penilaian kompetensi dan potensi Pejabat JPT dan Administrator pada Kamis (03/08), 87 peserta yang hadir di Ruang Computer Assissted Test (CAT) Kanreg X BKN tampak bersemangat untuk memulai tes pertama, yakni Tes Psikometri. Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si berkesempatan membuka kegiatan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh peserta.

Kepala Kanreg X BKN (Kiri) saat memberikan pengarahan

Dijelaskan, bahwa perlu dilakukan Talent Pool karena selama ini belum tersedia database potensi dan kompetensi pejabat tinggi yang duduk dalam jabatan strategis di instansi masing-masing. 21 Assesor profesional, bersertifikat dan berpengalaman, akan memandu seluruh peserta mengikuti beberapa tahapan tes dalam Talent Pool, yakni tes psikometri, analisa kasus, LGD yakni diskusi tanpa pemimpin serta wawancara. Sehingga diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Talent Pool dengan sungguh-sungguh. Karena hasil dari penilaian ini akan diserahkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan keputusan.

Ditegaskan pula, hasil penilaian ini memiliki banyak manfaat, baik bagi individu maupun bagi instansi. “Bagi individu, penilaian kompetensi dan potensi ini dapat dimanfaatkan untuk menyusun dan merencanakan karier serta mengetahui kompetensi dan potensi pegawai yang bersangkutan. Melalui metode ini, terlihat kader-kader potensial yang selanjutnya akan dibina untuk pengembangan kariernya ke depan. Namun jika memang kurang memiliki kompetensi dan potensi, maka dapat mengikuti pelatihan atau diklat sesuai dengan bidangnya untuk mendukung karier pegawai yang bersangkutan. Sementara  bagi instansi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pegawai yang bersangkutan, serta rotasi dan promosi.”

Chairul Saleh mengapresiasi digelarnya Talent Pool untuk menjamin terwujudnya filosofi right man on the right place

Sementara itu dalam wawancara terpisah, Chairul Saleh selaku Kepala Bagian Pengembangan Kapasitas Kepegawaian Sekretariat Kabinet RI mengapresiasi digelarnya penilaian kompetensi dan potensi ini. “Hal ini bagus sekali untuk membangun fundamental manajamen  ASN berbasis kompetensi ke depan. Selain itu, dapat terpilih talent-talent dari the best candidate untuk satu jabatan tertentu, sehingga tujuan filosofi right man on the right place sangat terjamin dengan Talent Pool ini.”

Pihaknya pun berharap BKN dapat secara konsisten menyelenggarakan Talent Pool dan ke depan dapat menjadi satu template yang diikuti oleh lembaga kementarian di tingkat pusat. (IRN)