TEAM BUILDING KANTOR REGIONAL X DENPASAR

outbound1

Denpasar, 23 Mei 2015. Puluhan pegawai dengan seragam biru telah berkumpul di di desa Budaya Kertalangu, Denpasar. Untuk memperkuat kekompakan, kreativitas dan sportivitas, Kantor Regional X BKN kembali menyelenggarakan Diklat Team Building. Diklat yang diselenggarakan di areal jogging track yang banyak dikunjungi masyarakat Kota Denpasar ini mengambil tema “Menata Hati, Tingkatkan Sinergi, Untuk Melayani”.

Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Drs. Made Ardita, M.Si. dalam pengarahannya pada saat pembukaan menyampaikan pentingnya acara semacam ini untuk senantiasa mengasah kreativitas, semangat kepemimpinan, sinergisitas dan sportivitas yang senantiasa relevan dengan dunia kerja sehari-hari. “Manfaatkan momentum seperti ini untuk terus menjaga kekompakan Kanreg X BKN Denpasar yang sudah terbangun selama ini” pesan Kakanreg.

Sementara itu Istiyarno, S.IP selaku ketua penyelenggara kegiatan ini melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan reformasi birokrasi dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar. “Semoga kegiatan ini menambah semangat kita untuk terus berupaya mewujudkan PNS yang profesional dan bermartabat” harapnya.

outbound3

Kegiatan team building kali ini diisi dengan jalan santai melewati jogging track Desa Budaya Kertalangu yang terletak diantara sawah penduduk. Sepanjang perjalanan peserta tampak menikmati indahnya suasana pagi berpadu dengan hamparan sawah yang  baru ditanami. Senyum mengembang tampak di setiap wajah pegawai pagi itu.

Aneka Permainan Mengasah Kreativitas dan Kekompakan

Selesai mengitari jogging track selama 30 menit, peserta mulai disuguhkan aneka permainan yang membutuhkan kekompakan dan kreativitas tim. Mulai dari membuat orang-orangan sawah dengan bahan yang disediakan oleh instruktur sampai pelita harapan diikuti oleh peserta dengan antusias dan bersemangat. Semua pegawai tampak larut dalam suasana kebersamaan dalam tim masing-masing. Mereka berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik untuk menyelesaikan setiap instruksi dari instruktur pagi itu. “Dengan membuat orang-orangan sawah tadi secara tidak langsung Bapak/ibu sudah berpartisipasi membantu petani menghalau burung pengganggu dan tentu ini salah satu upaya pelestarian sawah di Kota Denpasar yang kian terhimpit” ungkap Dewa Kaler, salah satu istruktur dari Desa Budaya Kertalangu. Dewa mengakui kreativitas dan kekompakan peserta cukup menonjol, hal itu terbukti dari diselesaikannya setiap penugasan dengan baik. “Kekompakan Bapak/ibu juga sangat dibutuhkan dalam permainan volley air dan pelita harapan tadi. Semoga hal ini bisa diteruskan dalam praktek sehari-hari di kantor nanti” ungkap Dewa.

Selesai mengikuti berbagi permainan, acara dilanjutkan dengan aneka perlombaan seperti lomba junjung botol, lari karung beregu, makan kerupuk sampai tarik tambang. Peserta tampak masih bersemangat mengikuti aneka perlombaan hingga lomba harus dihentikan karena sudah memasuki jam istirahat.

outbound2

Hadiah dari dan untuk kita

Selesai makan siang, acara dilanjutkan dengan penyerehan hadiah berbagai perlombaan dan pengundian hadiah bagi semua peserta. Konsep acara berbagai benar-benar kental terasa. Masing-masing peserta mengumpulkan kado yang kemudian diundi, sehingga semua peserta mendapat hadiah. Keceriaan tampak pecah disiang itu ketika sesi membuka kado dimulai. Berbagai ekspresi  jenaka tampak dari wajah peserta ketika mengetahui kado yang diperoleh. “Baru pertama kali saya ikut acara seperti ini, konsep acaranya sangat bagus sehingga kebersamaan dalam acara ini benar-benar menonjol” ungkap Suartawan salah  satu peserta CPNS.

Acara diakhiri dengan pengarahan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar yang setia mengikuti acara samapai berakhir. “Apa yang sudah kita lakukan hari ini semoga memberi manfaat bagi peningkatan kinerja dan kemajuan Kantor Regional X BKN Denpasar” harap Kakanreg pada pengarahan penutupan sembari meneriakkan yel-yel BKN “Profesional Bermartabat”.  (Boent).