KANREG X BKN DENPASAR GELAR SIMULASI CAT ONLINE

featuresimulasiCAT

Para pegawai berseragam endek biru terlihat tegang saat berada didepan layar komputer. Namun tak jarang pula yang terlihat santai sambil menggerakkan mouse meng-klik dan mengganti ke pertanyaan selanjutnya. Sejumlah Pengawas pun tampak berjalan mondar mandir mengawasi jalannya tes CAT yang digelar di CAT Station Kanreg X BKN Denpasar

Denpasar, 25 Juni 2015. Hal tersebut terjadi dalam simulasi tes Computer Assisted Test (CAT) Online yang diadakan Kanreg X BKN Denpasar. Sama seperti tes CAT CPNS pada umumnya, para peserta simulasi harus menjawab 100 pertanyaan dalam 90 menit. Soal dalam tes CAT dibagi menjadi 3, yakni Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sebelum mengerjakan soal, semua peserta wajib melakukan log in terlebih dahulu dengan mengisi NIK serta nomor tes yang telah ditentukan. Usai log in, maka akan muncul pertanyaan dan peserta harus menjawab dan menyimpannya.

simulasiCAT4

Peserta Simulasi tampak serius mengerjakan soal CAT

Istiyarno S.IP selaku Kepala Bagian Tata Usaha menjelaskan bahwa simulasi ini digelar hanya untuk mengetahui sejauh mana beban jaringan komputer di Kanreg X BKN Denpasar. Karena untuk tes CAT selanjutnya menggunakan metode yang berbeda dengan metode sebelumnya. Jika sebelumnya hanya menggunakan jaringan komputer secara lokal, untuk selanjutnya akan diperbarui dengan menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network) yang terkoneksi dengan Server di BKN Pusat. “Dalam menjawab soal tidak usah tegang dan tidak usah memikirkan nilainya berapa, karena tes ini hanya untuk mengetahui seberapa besar beban jaringan di Kanreg X BKN” ujar mantan Kasubbag. Keuangan Kanreg I BKN Yogyakarta tersebut. Selain itu, simulasi ini dapat pula digunakan sebagai sarana belajar bagi para peserta, khususnya pegawai yang masih berstatus CPNS.

simulasiCAT1

Kabag. Tata Usaha , Istiyarno S.IP ikut serta dalam simulasi CAT Online

Dalam simulasi yang diikuti oleh seluruh pegawai dilingkungan Kanreg X BKN termasuk dari tenaga Outsourcing ini, para peserta tidak harus menyelesaikan soal dalam waktu 90 menit. Hasil tes pun dapat langsung diketahui para peserta simulasi. Meski tak sedikit peserta simulasi yang terlihat kebingungan, namun kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. (Yuda/Irrine)