BERUPAYA TINGKATKAN KINERJA, KANREG X ADAKAN RAPAT EVALUASI KINERJA

Denpasar. Seluruh pegawai Kantor Regional X BKN Denpasar Jumat pagi (09/07) berkumpul di ruang tunggu CAT Station guna mengikuti Rapat Evaluasi Kinerja Reformasi Birokrasi. Selain Kepala Bagian Tata Usaha Istiyarno, S.IP, rapat tersebut juga dihadiri Kakanreg X BKN, Drs. Made Ardita, M.Si.

peserta raev.ok

Para pegawai tampak serius mengikuti rapat evaluasi Kanreg X BKN

Usai mengikuti rapat di BKN Pusat, Istiyarno memaparkan hasil capaian kinerja semester I Kantor Regional X BKN Denpasar. Secara umum pelaksanaan kegiatan di semester I berjalan dengan lancar terutama pembangunan fisik yang sudah jauh melampui target. Istiyarno juga menyampaikan beberpa catatan temuan inspektorat dan BPK atas adit keuangan dan kinerja yang perlu diperhatikan, terutama dokumentasi kinerja yang mesti terus dibenahi.

pak is oke

Istiyarno, S.IP (kanan) memaparkan hasil rapat di BKN Pusat

Sementara itu Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Drs. Made Ardita, M.Si dalam pengarahannya mengatakan meski masih menghadapi beberapa kendala, namun sejauh ini sudah melakukan inovasi dan kreatifitas yang cukup menonjol. “Adanya beberapa catatan atas kinerja ersebut dapat dijadikan pembelajaran  sekaligus sebagai instrospeksi agar ke depan tidak terulang lagi”, pesannya. Hal itu menurutnya masih terbilang wajar dan tak hanya terjadi di Kanreg X saja, tetapi juga di beberapa Kanreg-kanreg yamg lainnya. “Hasil penilaian Inspektorat sejauh ini bagus. Namun ada beberapa temuan yang bisa kita gunakan sebagai pembelajaran dan instrospeksi” ujarnya.

Ditegaskan pula, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja, diantaranya dengan melakukan 3 (tiga) prinsip, yakni menciptakan, memperbaiki, dan meningkatkan. Selain itu juga perlu diawali dari individu masing-masing. “Mungkin yang paling tepat adalah suatu strategi atau upaya-upaya yang sungguh-sungguh dalam rangka meningkatkan kinerja masing-masing individu, kemudian unit dan terakhir organisasi. Jika kinerja individu sudah bagus, maka di tingkat unit dan organisasi pun akan mengikuti”, tegas pria penggemar olahraga volley ini.

kakanreg ok

Drs.Made Ardita, M.Si memberikan pengarahan dalam rapat evaluasi

Selain kinerja individu, masih menurut mantan Kapusdiklat BKN ini diperlukan pula sinergisitas antara pegawai satu dengan yang lainnya untuk bekerja sama dan berkomunikasi, melakukan pekerjaan sesuai dengan aturan sehingga tidak terjadi pelanggaran.  Selain itu pengembangan kinerja pegawai juga merupakan hal yang sangat penting, salah satunya melalui On the Job Training (OJT) atau pelatihan. Ardita juga berpesan, untuk CPNS Tahun Anggaran 2014 khususnya untuk posisi pranata komputer, dapat segera membangun aplikasi penunjang untuk pelaksanaan tupoksi yang lebih efektif dan efisien. Sehingga ke depan setelah diangkat menjadi PNS telah memiliki prestasi kerja, dan untuk selanjutnya aplikasi tersebut dapat lebih dikembangkan. Pada akhir sambutannya, tak lupa Made Ardita mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, serta Hari Raya Idul Fitri bagi para pegawai yang merayakannya.

bingkisan ok

Kakanreg X BKN menyerahkan bingkisan kepada 3 (tiga) perwakilan unit kerja di Kanreg X BKN

Rapat evaluasi diakhiri dengan penyerahan bingkisan oleh Kakanreg X BKN kepada 3 (tiga) perwakilan unit kerja di Kanreg X BKN sebagai wujud rasa syukur menyambut hari raya dengan berbagi kepada sesama.(irine/dedi)