STANDARISASI UJI BUTIR SOAL TES KOMPETENSI DASAR AKAN TENTUKAN KEBIJAKAN SELEKSI CPNS KE DEPAN

Uji Butir Soal Sumba Timur

Sumba Timur, NTT. Kabupaten Sumba Timur, NTT ditunjuk BKN sebagai daerah pengambilan sampling data dalam uji butir soal Tes Kompetensi Dasar dalam perekrutan ASN karena dianggap mampu mewakili kondisi keseluruhan kualitas SDM di Wilayah Nusa Tenggara Timur. Hal tersebut disampaikan Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen saat menghadiri kegiatan uji butir soal Tes Kompetensi Dasar Tahun 2022 pada Jumat (25/02) bertempat di Gedung CAT Kab. Sumba Timur. Tim Uji Butir Soal Kompetensi Dasar BKN diterima langsung oleh Bupati Sumba Timur Khristofel Praing, didampingi Kepala BKD Sumba Timur Thomas Peka Rihi.

Lebih lanjut diungkapkan, dalam uji butir soal ini akan dilakukan sampling guna memetakan soal-soal ujian CPNS, sehingga dapat dihasilkan standarisasi terkait kualitas serta tingkat kesulitan soal sesuai dengan kemampuan SDM di wilayah Sumba Timur. Hasil pengujian soal ini dinilai sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam proses seleksi kedepannya. Tak hanya itu, kegiatan uji butir soal ini juga sekaligus dimanfaatkan untuk mengenalkan sistem seleksi berbasis Computer Assisted Tes kepada masyarakat Sumba Timur.

Sementara itu, melalui kegiatan ini Bupati Sumba Timur berharap nantinya dapat dihasilkan pemetaan dan level tingkat kesulitan soal seleksi sesuai kemampuan calon peserta seleksi di wilayah Sumba Timur.

Sebanyak 115 orang, yang sebagian besar merupakan tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan non PNS Kabupaten Sumba Timur, berkesempatan menjadi peserta dalam kegiatan uji butir soal tersebut. Pelaksanaan dibagi menjadi 2 sesi, mengingat kapasitas perangkat komputer hanya  berjumlah 70 unit. Kegiatan diakhiri dengan Pemberian door prize kepada tiga orang peserta simulasi dengan nilai terbaik. Rencananya, kegiatan serupa akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan dikemas dalam program-program simulasi tes CAT dengan melibatkan instansi daerah yang telah memiliki sarana Stasiun Computer Assisted Tes