Aplikasi Usul Penilaian dan Penetapan Angka Kredit dan e-Daily Report JFK permudah Analis Kepegawaian

Denpasar. Untuk mempermudah dan menjadikan acuan bagi setiap analis kepegawaian dalam menyusun Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK), BKN telah menyiapkan aplikasi komputer yakni aplikasi Usul Penilaian dan Penetapan Angka Kredit. “Selain analis , aplikasi ini juga dapat memudahkan sekretariat Tim Penilai dan Tim Penilai dalam melaksanakan Penilaian dan Penetapan Angka Kredit secara cepat, akurat , dan akuntabel ” ujar Gunarta S.AP , Analis Kepegawaian Madya BKN, dalam Sosialisasi Aplikasi Usul Penilaian dan Penetapan Angka Kredit dan e-Daily Report  Jabatan Fungsional Kepegawaian (JFK) , pada Rabu (13/08) di ruang CAT Kanreg X BKN Denpasar.

IMG_5835.ok

Gunarta S.AP (berdiri) saat menjelaskan materi mengenai e-Daily Report JFK

Dijelaskan lebih lanjut, e-Daily Report merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencatat dan menginventarisasi kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh JFK. Sementara aplikasi Usul Penilaian dan Penetapan Angka Kredit merupakan aplikasi untuk membuat DUPAK dan penilaian usul penetapan angka kredit. Tahapan pembuatan DUPAK dengan menggunakan e-Daily Report ini dilakukan dengan mengentry kegiatan harian ke dalam aplikasi inventarisasi kegiatan. Sedangkan dalam aplikasi DUPAK dilakukan dengan memasukkan data diri, kode butir dan jumlah volume kegiatan ke dalam aplikasi usul penilaian dan penetapan angka kredit.

Acara sosialisasi yang diikuti oleh Calon Analis dan Analis Kepegawaian ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Istiyarno S.IP. Dalam sambutannya, Istiyarno mengatakan aplikasi ini dibangun oleh BKN untuk mempermudah dan mempercepat sistem entry data kepegawaian, sehingga DUPAK dapat lebih cepat diselesaikan. “Apa yang dikerjakan ditulis, dan apa yang ditulis dikerjakan. Hal tersebut yang menjadi acuan untuk entry data kepegawaian ke dalam aplikasi ini, sehingga angka kredit dapat dengan cepat diketahui” ujarnya.  Istiyarno berharap aplikasi ini nantinya dapat lebih dikembangkan. Karena tak hanya di tingkat Kanreg, aplikasi ini pun diharapkan dapat disosialisasikan di tingkat daerah.

Sementara Irfan Muhlis, S.IP, M.Si selaku Kepala Bagian Pengembangan Kepegawaian BKN, dalam kesempatan ini mengatakan BKN telah banyak melakukan program pelatihan mau pun pendidikan untuk mengembangkan karir dan kualitas para pegawai di lingkungan BKN. Khusus untuk Analis Kepegawaian, BKN menggelar diklat Karya Tulis Ilmiah yang nantinya dapat digunakan untuk menambah jumlah angka kredit.

IMG_5808.oo

Irfan Muhlis, S.IP, M.Si (batik merah) melakukan sosialisasi mengenai kegiatan Pengembangan Kepegawaian

Selain pemaparan materi, sosialisasi ini juga diisi dengan praktek langsung menggunakan aplikasi  Aplikasi Usul Penilaian dan Penetapan Angka Kredit dan e-Daily Report  Jabatan Fungsional Kepegawaian (JFK), serta tanya jawab untuk bertukar informasi tentang penggunaan aplikasi mau pun masalah pengembangan kepegawaian. (IRN)