Jelang e-PUPNS, Pegawai Kanreg X BKN Lakukan Uji Coba

Denpasar. Usai melakukan sosialisasi e-PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) untuk instansi vertikal dan daerah, Kanreg X BKN Denpasar kembali menggelar sosialisasi e-PUPNS untuk pegawai di lingkungan Kanreg X BKN. Kegiatan yang digelar di ruang CAT lantai 3 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Tata Usaha ,Istiyarno S.IP. dan dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar, baik PNS mau pun CPNS.

Diungkapkan Istiyarno usai membuka acara sosialisasi, kegiatan ini sudah menjadi tugas dan fungsi BKN untuk melakukan sosialisasi e-PUPNS, yang akan dimulai pada 1 September 2015 mendatang. “Sistem e-PUPNS ini bertujuan untuk memperoleh data yang akurat dan terpercaya serta membangun kepedulian dan kepemilikan PNS terhadap data kepegawaiannya” tegasnya.


IMG_5849.ok

Istiyarno S.IP saat memberikan pengarahan dalam sosialisasi e-PUPNS

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi e-PUPNS oleh Jefry Christianto, ST selaku Kepala Seksi Pemanfaatan Teknologi Informasi Kepegawaian. Selain menjelaskan latar belakang dan dasar hukum e-PUPNS, Jefry Christianto juga menjelaskan beberapa sanksi apabila tidak mendaftarkan diri melalui e-PUPNS, yakni tidak tercatat dalam database kepegawaian, pelayanan  kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses, bahkan dapat diberhentikan atau pensiun. Sementara itu, untuk proses pemutakhiran data ini setiap PNS memulai dengan melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN dan selanjutnya memperbaiki data yang tidak sesuai serta menambahkan atau melengkapi data dalam database BKN.

Selain pemberian materi, para pegawai Kanreg X BKN Denpasar juga mendapat pengarahan dari A.H Fathurahman S.Kom selaku Kepala Seksi Pengolahan Data dan Diseminasi Informasi Kepegawaian, dalam mengimplementasikan sistem e-PUPNS melalui komputer. Dalam sesi ini, para pegawai dapat melaksanakan ujicoba untuk mendaftarkan diri dalam e-PUPNS melalui web site pupns.bkn.go.id, serta melakukan tanya jawab bila mengalami kesulitan atau belum paham dengan  sistem e-PUPNS ini. (IRN)

IMG_5889
A.H Fathurahman S.Kom (paling kiri) memberikan pengarahan dalam pengisian data kepegawaian e-PUPNS