Jelang Fasilitasi Seleksi CASN 2023, Pegawai Kanreg X BKN Tandatangani Pakta Integritas

 

Rangkaian pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2023 sebentar lagi memasuki jadwal pelaksanaan. Jumlah pelamar PPPK di wilayah kerja kanreg X BKN saat ini terbanyak dibandingkan penyelenggaraan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk Itu Kantor Regional X BKN Denpasar telah melakukan serangkaian persiapan. Kanreg X BKN melaksanakan Penandatanganan Pakta Integritas dan Pembekalan Tim Seleksi CASN Tahun 2023 di Aula A.E.Manihuruk pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Pembekalan 4

Dalam pengarahannya, Kepala kantor Regional X BKN Denpasar, Yudhantoro Bayu Wiratmoko menekankan bahwa pelaksanaan fasilitasi yang sudah berjalan baik di wilayah kerja kantor Regional X BKN Denpasar selama ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan terutama dari persiapan, pelaksananan hingga pelaporan nantinya.  Untuk itu perlu persiapan yang matang disertai komitmen yang kuat untuk bersama-sama menjaga integritas. “Penandatanganan pakta integritas ini jangan dimaknai sebagai formalitas belaka, melainkan bentuk tekad kuat kita menyelenggarakan dan memfasilitasi seleksi dengan integritas dan dedikasi yang tinggi” pesan Bayu.

Pembekalan 1

Dalam laporan penyelenggaran, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Ketut Buana menyampaikan bahwa pada Tahun 2023 Pelaksanaan seleksi CASN meliputi CPNS dan PPPK untuk instansi vertikal dan PPPK untuk instansi daerah. Khusus untuk PPPK Instasni di wilayah kerja Kanreg X BKN jumlah formasi yang tersedia  sebanyak 43.894, dengan jumlah pelamar sebanyak 128.587, dimana sebanyak 116.298 orang pelamar yang mensubmit lamaran. Hingga 24 Oktober 2023 sebanyak 98.272 orang pelamar memenuhi syarat administrasi dan sebanyak 12.289 orang pelamar yang tidak memenuhi syart administrasi. “Seleksi CASN di wilayah kerja Kantor Regional X BKN tahun ini terbanyak sepanjang penyelenggaraan seleksi, untuk itu kita harus melakukan persiapan sebaik mungkin baik dukungan logistik, fisik dan mental termasuk komitmen kita mewjudukan seleksi CASN yang sukses dan berintegritas” ungkap Buana.

 

 

Pembekalan 3 Pembekalan 2

 

Pada kegiatan kali ini diisi dengan penandatanganan pakta integritas dan pembekalan bagi seluruh tim yang bertugas. Pembekalan dengan materi peran masing petugas dan mitigasi risiko dibawakan oleh Ida Ayu Widyantari Arnawa yang bertujuan untuk merefresh kembali tugas-tugas dan fungsi masing-masing peran petugas dalam pelaksanaan seleksi seleksi. Sementara identifikasi dan mitigasi risiko bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir dampak dari potensi risiko yang mungkin terjadi. Pembekalan spesifik teknis peran admin IT akan dilaksanakan kemudian yang bertujuan membekali para admin IT dalam persiapan dan pelaksanaan tes nantinya.

Pembekalan 5

Dari data jumlah tilok yang akan digunakan diwilayah kerja kantor Regional X BKN secara keseluruhan berjumlah 29 titik lokasi dimana jumlah peserta terbanyak untuk sementara di Kabupaten Bima sejumlah 10.427 orang dan jumlah peserta paling sedikit terdapat di Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 350 orang. Estimasi jumlah hari pelaksanaan paling panjang diperkirakan di Titik lokasi Kabupaten Bima selama 24 hari dan paling singkat di Tilok Kabupaten Saburaijua selama 2 Hari. Menjelang seleksi CASN Tahun 2023, Kakanreg X BKN menginstruksikan untuk mematangkan persiapan jelang seleksi dan kesiapan fisik serta mental mengingat medan setiap titik lokasi memiliki tantangan dan karakteristik yang unik.