Apresiasi Inovasi PNS, Tahun 2024 Badung Lanjutkan Penilaian PNS Berprestasi

Denpasar (16/01/24). Kegiatan pemberian penghargaan PNS Berprestasi Kabupaten Badung Tahun 2024 siap digelar kembali. Setelah tahun 2023 sukses diselenggarakan oleh Pemkab Badung melalui BKPSDM Kabupaten Badung, kegiatan ini kembali dilanjutkan di tahun 2024. Pada tahun 2023 sebanyak 15 orang PNS Inovator berhasil mendapatkan penghargaan kategori utama, madya dan muda. Dengan rincian 3 utama, 8 madya dan 4 muda. Tercatat tiga innovator berhasil meraih kategori utama yaitu: Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si, I Gusti Agung Ketut Wira Sutha dan Bdn. Ni Wayan Kencanawati,S.Tr.Keb. Inovasi yang dihasilkan oleh Inovvator menurut penilaian juri mempunyai dampak dan manfaat nyata bagi peningkatkan kinerja unit kerja dan organisasi Pemerintah Kabupaten Badung. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh PNS dan sukses memantik budaya inovasi di Kabupaten yang kayak akan potensi wisata ini.
Badung 1

Foto 1: Peserta dan juri penerima penghargaan dihadapan ASN Kab Badung

Tim juri terdiri dari unsur akademisi, Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Bali,  BKPSDM Provinsi Bali dan Kantor Regional X BKN Denpasar melakukan penilaian yang dilakukan secara marathon bagi inovasi yang telah digagas dan dimplementasikan oleh sejumlah PNS Pemkab Badung. Bertindak selaku Ketua tim juri Profesor Dr. I Wayan Gde Supartha, SE.,SU (Akdemisi FEB Universitas Udayana) dengan anggota Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE., MS (Akademisi), I Ketut Buana, SE., M.Si., Ak., CA., (Kanreg X BKN Denpasar) I Made Agus Asta Panca, SST, M.Par (BKPSDM Provinsi Bali), dan Dewa Made Krisna Adhi Sanjaya (Ombudsman Bali).

Badung 2

Foto 2: Presentasi inovasi dihadapan juri

Untuk Tahun 2024, tahapan pelaksanaan masih sama dengan  tahun sebelumnya meliputi seleksi administrasi, verfikasi lapangan, pemaparan inovasi & wawancara, dan penetapan pemberian penghargaan. “Masing-masing OPD diberikan kesempatan untuk mengajukan kandidat terbaiknya untuk mengikuti pemilihan PNS Berprestasi ini” ungkap Kepala BKPSDM Kabupaten Badung, Dr. I Gde Wijaya. Masih menurut Wijaya  aspek yang dinilai meliputi inovasi (40%), leadership (20%), inspiratif (15%), kemampuan komunikasi (15%), dan kolaborasi (10%). Penghargaan diberikan per kategori berdasarkan capaian range nilai yang dibedakan menjadi tiga kategori utama, madya, dan muda.

Badung 3Foto 3: Juri menerima penghargaan dari Pemkab Badung yang diserahkan oleh Sekda Badung

Sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan kepada masing-masing peserta yang memenuhi nilai yang ditentukan diberikan piagam penghargaan dan  isin  serta diberikan kesempatan untuk diusulkan mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB). Untuk Tahun 2024 verifikasi lapangan dan penilaian 360 derajat oleh tim juri menggunakan data yg disiapkan oleh sekretariat tim penilai.

Melalui kegiatan semacam ini diharapkan dapat memantik budaya inovasi PNS yang bermanfaat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Bagi peserta event semacam ini dapat menjadi media untuk menunjukkan kinerja terbaiknya dalam melahirkan karya-karya yang bermanfaat dan berdampak sekaligus menjadi peluang untuk pengembangan karir berikutnya.

Badung 4

Foto 4: ASN Kabupaten Badung menyaksikan penyerahan penghargaan