Kanreg X BKN Bangun Semangat Sinergitas di Wilayah Kerja Wujudkan Smart ASN Menuju Birokrasi Berkelas Dunia Melalui Rakor Kepegawaian

Denpasar. Mendukung terwujudnya birokrasi berkelas dunia perlu dilakukan sinergi serta kolaborasi berbagai instansi pemerintahan. Kantor Regional X BKN bersama para pemangku kebijakan penyelenggaraan manajemen ASN di wilayah Bali, NTB dan NTT pun memiliki pemahaman yang selaras dalam implementasi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara yang berfokus pada proses transformasi pengelolaan ASN.

Sebagai bentuk perwujudan dari semangat tersebut, Kantor Regional X BKN menggelar Rapat Koordinasi Permasalahan Kepegawaian se wilayah kerja bertema “Sinergi Wujudkan Smart ASN Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”, bertempat di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN pada Rabu (06/03). Selain Plt. Kepala BKN, kegiatan dihadiri pula oleh Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara Imas Sukmariah, Kepala Kanreg X BKN Yudhntoro Bayu Wiratmoko, Sekretaris Daerah Provinsi, Kabupaten/ Kota di Wilayah Kerja Kantor Regional X BKN Denpasar, Pimpinan Instansi Badan Kepegawaian Daerah/ BKPSDM/ BKPP di Wilayah Kerja Kantor Regional X BKN Denpasar, serta Branch Manager PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Denpasar, Mataram, Kupang, dan Kabupaten Ende. Sementara hadir sebagai narasumber Vice President United In Diversity Suyoto, dan Karmaji Analis Kebijakan Ahli Madya Koordinator Kesejahteraan KemenPANRB.

“Beberapa arah kebijakan memperkuat implementasi manajemen ASN, penataan kelembagaan dan proses bisnis melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik terintegrasi, reformasi sistem akuntabilitas kinerja, hingga transformasi pelayanan publik berbasis digital yang responsif dan adaptif.” Hal tersebut diungkapkan Plt.Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto saat memberikan arahan. Lebih lanjut disampaikan bahwa BKN juga telah melakukan implementasi transformasi digital dalam pelayanan kepegawaian sehingga proses bisnis kepegawaian kini dapat dilakukan secara digital. “Pengelola kepegawaian kini tidak perlu lagi datang ke BKN untuk mengurus berkas. Bahkan bagi yang ingin melakukan pengaduan BKN terkait layanan kepegawaian, BKN juga telah mempersiapkan wadah berupa aplikasi HELPDESK, yang dapat dimanfaatkan secara perorangan.”

Transformasi digital tersebut sebagai salah satu upaya membentuk birokrasi berkelas dunia sekaligus smart ASN, yakni SDM yang cerdas dan siap menghadapi era digital serta dapat mendukung terciptanya pemerintahan yang cerdas dan transparan. Seorang ASN yang ‘smart’ juga diharapkan dapat berperan sebagai digital talent dan digital leader yang mendukung transformasi birokrasi di Indonesia. Plt.Kepala BKN pun mengajak seluruh peserta memanfaatkan berbagai aplikasi BKN dalam mewujudkan pelayanan kepegawaian yang efektif dan efisien.

Dalam kegiatan ini, Kanreg X BKN juga menyerahkan sejumlah penghargaan, yakni :

A. Penerima Penghargaan Pengelolaan Data Kepegawaian Terbaik Wilayah Kerja Kanreg X BKN

1. Kab Buleleng
2. Kab Lombok Utara
3. Kab Karangasem

B. Penerima Penghargaan Pelaporan Kinerja ASN Terbaik Wilayah Kerja Kanreg X BKN

1. Kab Buleleng
2. Kab Klungkung
3. Kota Kupang

C. Penerima Penghargaan Mitra Instansi Daerah Layanan Pengangkatan dan Pensiun Terbaik Wilayah Kanreg X BKN

1. Kota Mataram
2. Kab Klungkung
3. Kab Sabu Raijua

D. Penghargaan Mitra Instansi Daerah Layanan Mutasi dan Status Kepegawaian Terbaik Wilayah Kanreg X BKN

1. Kota Denpasar
2. Kab. Alor
3. Kab. Badung