207 Pegawai Pemprov.Bali ikuti Ujian Dinas dengan CAT

Denpasar. Sejumlah 207 Pegawai Pemerintah Provinsi Bali Rabu pagi (09/09) mengikuti  Ujian Dinas Tingkat I dan Tingkat II dengan sistem CAT  (Computer Assissted Test) di Kanreg X BKN Denpasar. Pegawai yang mengikuti tes terlihat tegang saat duduk di ruang tunggu CAT lantai 3. Sambil menunggu tes dimulai, para peserta tampak serius memperhatikan tayangan televisi tentang petunjuk pengisian dalam registrasi serta pengisian jawaban saat mengikuti tes CAT.

peserta.ok

Para peserta menyimak video petunjuk pengisian jawaban dalam CAT sebelum ujian dimulai

Dalam arahannya, Endar Setiawan, SH selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Rekrutmen BKN mengatakan bahwa tidak perlu tegang dalam mengerjakan soal dengan sistem CAT. Selain itu, soal yang diperoleh masing-masing pegawai berbeda-beda, karena itu harus dikerjakan sendiri-sendiri. “Semua peserta diharapkan dapat mengerjakan soal dengan jujur. Tidak perlu menoleh kanan dan kiri. Nilai yang diperoleh itulah yang nantinya akan menentukan karir bapak ibu sebagai Pegawai Negeri Sipil” tegasnya.

endar ok

Endar Setiawan SH. (kanan) didampingi Desman Juliver Sinaga SH. (kiri) saat memberikan pengarahan kepada para peserta Ujian Dinas

Sementara I Wayan Eka Wiyatha SE, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Provinsi Bali memberi semangat para pegawai dalam mengikuti ujian dinas dengan sistem CAT ini. “Semua pegawai harus semangat dalam menjawab soal di ruang CAT dan diharapkan dapat lulus secara keseluruhan dengan nilai yang memuaskan” ungkap Eka Wiyatha.

Ujian Dinas Pegawai Pemerintah Provinsi Bali ini diikuti oleh 207 peserta dari total sebanyak 221 peserta . Peserta yang mengikuti Ujian Dinas Tingkat I sejumlah 85 orang , dan Tingkat II 135 orang. Waktu pelaksanaan Ujian Dinas dengan CAT ini dibagi dalam 3 sesi. Pegawai yang mengikuti Ujian Dinas Tingkat I harus mengerjakan soal sebanyak 100 soal yang diantaranya tes tentang Pancasila dan UUD 1945, Perkantoran, serta Sejarah dalam waktu 90 menit. Sementara untuk Tingkat II harus mengerjakan 130 soal dalam waktu 90 menit, yang diantaranya terdapat soal tentang rencana strategis pemerintahan serta perkembangan politik dalam dan luar negeri.

ujian 2

Salah satu peserta tampak tegang saat mengerjakan soal ujian

Tak sedikit pegawai yang kebingungan saat mengerjakan tes dengan CAT, karena bagi mereka merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Namun demikian tes kompetensi kepegawaian ini dapat berjalan dengan lancar  hingga selesai. Para peserta pun dapat langsung mengetahui perolehan total nilai ujian pada layar komputer masing-masing, usai mengerjakan soal. Untuk Ujian Dinas Tingkat I nilai tertinggi diraih oleh I Wayan Adiarta dengan perolehan nilai 335, dan untuk Tingkat II diraih Ns.I Made Duita S.Kep dengan perolehan nilai mencapai 445. (IRN)