Peserta Ujian Dinas Tingkat II ikuti Tes Wawancara

Denpasar. Usai ujian CAT (Computer Assissted Test) , Pegawai yang mengikuti Ujian Dinas Tingkat II harus melewati tes wawancara pada Kamis (10/09). Berbeda dengan hari sebelumnya, para peserta Ujian Dinas tampak lebih santai dan lebih siap dalam menghadapi tes wawancara. Saat menunggu namanya dipanggil, tak sedikit yang terlihat berbincang dengan pegawai lainnya sambil membawa karya tulis masing-masing.

Tes wawancara ini merupakan salah satu bagian dari Ujian Dinas Tingkat II yakni bagi pegawai yang naik pangkat dari Golongan III ke Golongan IV.  Tak hanya pertanyaan mengenai karya tulis yang dibuat, tetapi juga tentang Peraturan Perundang-Undangan dan pengembangan kepegawaian di instansi masing-masing, seperti disiplin dan manajemen kepegawaian.

Ditanya tentang kedisiplinan, salah satu peserta Nengah Ermawati dalam wawancara mengatakan bahwa disiplin pegawai dinilai penting bagi perkembangan sebuah instansi. Jika terdapat pegawai  yang tidak disiplin baik dalam absen maupun dalam pekerjaan perlu diberi teguran atau peringatan sampai dengan penjatuhan hukuman disiplin, sehingga pegawai dapat lebih tertib dalam menjalankan tugas. Sementara peserta lainnya I Dewa Anom Badung mengungkapkan bahwa disiplin harus dimulai dari masing-masing pegawai.

wwcr ok2

  Suasana saat tes wawancara di  salah satu ruangan Kanreg X BKN Denpasar

Tes Wawancara Ujian Dinas ini diikuti oleh 122 pegawai Pemerintah Provinsi Bali yang dibagi dalam 6 (enam) kelompok. 5 (lima) tim penguji yang masing-masing terdiri dari 2 orang melakukan wawancara dengan 5 peserta secara bersamaan dan dilakukan dalam 4 (empat) sesi. (IRN)