Revolusi Mental Bentuk Mind Set yang Profesional, Unggul dan Bermartabat

Denpasar.  Tak sedikit yang tertarik mengikuti pelatihan sehari yang mendatangkan narasumber Rurin dan Paul Suardi dari Hamarta Training dan Consulting, bertempat di ruang tunggu CAT lantai 3 gedung Kanreg X BKN Denpasar, Senin (14/09). Selain untuk memotivasi pegawai Kanreg X BKN agar lebih bersemangat dalam menjalankan tugas serta menyegarkan pikiran, kegiatan yang digelar selama 1 (satu) hari ini juga bertujuan untuk membentuk mind set menjadi profesional, unggul dan bermartabat.

Diungkapkan Rurin, mind set yang profesional, unggul dan bermartabat dapat dibentuk melalui Revolusi Mental. Selain kepercayaan diri, Revolusi mental ini juga dapat dilakukan dengan melakukan format ulang pikiran. “Pikiran dapat membawa kita kemana akan bergerak. Jika kita sudah berpikiran sulit, maka dalam pelaksanaannya juga akan sulit. Karena itu, harus selalu positive thinking. Berbaik sangka kepada siapapun, maka pikiran kita akan menjadi baik. Life is simple. Jangan membebani pikiran dengan hal-hal yang tidak penting” ujarnya. Selain kedua hal tersebut, revolusi mental juga dapat dilakukan dengan memperbesar semangat, melakukan kreatifitas, merubah penampilan menjadi lebih baik, menggunakan waktu sebaik mungkin, dan selalu menepati janji. Sementara itu, revolusi mental ini dapat dilakukan dalam dunia kerja diantaranya dengan melakukan pekerjaan dengan baik dan benar, menyelesaikan tugas dengan baik, menerima saran dan kritik dengan lapang dada, serta dapat melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.

14 sept 2

Ibu Rurin (baju biru) terlihat komunikatif dalam memberikan materi pelatihan

Rurin juga menyelingi kegiatan dengan guyonan khasnya, sehingga para peserta tidak bosan dan terlihat lebih santai dalam mendengarkan materi hingga selesai. Kegiatan terlihat lebih komunikatif saat para peserta diminta untuk  menjawab pertanyaan seputar kehidupan pribadi maupun yang berkaitan dengan pekerjaan.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Regional X BKN Drs.Made Ardita, M.Si. Dalam pengarahannya, Ardita berharap melalui kegiatan ini dapat diperoleh metode atau cara dalam membangun karakter diri masing-masing untuk meningkatkan kinerja di lingkungan Kanreg X BKN, karena SDM dinilai penting dan strategis dalam menggerakkan organisasi. Selain itu, hasil pelatihan ini nantinya dapat diimplementasikan di lingkungan Kanreg X BKN, sesuai dengan Visi Kanreg X BKN yakni Profesional, Unggul dan Bermartabat.

14 sept 1

Drs.Made Ardita, M.Si (kiri) saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan

Selain itu, acara tersebut juga menghadirkan narasumber Paul Suardi yang memberikan materi tentang service all out dan membangun kepercayaan. Diungkapkan, tersenyum dan komunikasi menjadi faktor penting dalam pelayanan, karena dalam pelayanan seringkali kita menghadapi menghadapi karakter orang yang berbeda-beda sehingga dituntut untuk mengerti dengan orang lain. Di akhir sesi, Paul memberikan sedikit permainan untuk menyegarkan pikiran para peserta. (IRN)