Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Bali Suntik Semangat Peserta

Denpasar. TKD CAT kualifikasi Dokter dan Sarjana dalam penerimaan CPNS Kemenkumham yang digelar di Kanreg X BKN sudah dimulai sejak Senin (11/09). Tercatat dari hari pertama peserta yang hadir sejumlah 385, namun yang memenuhi  passing grade hanya 55 orang. Di hari kedua hadir 392, yang memenuhi passing grade sejumlah 56. Di hari ketiga jumlah peserta yang memenuhi passing grade menurun yakni hanya 43 dari total 381 peserta. Hal tersebut ternyata menjadi perhatian khusus bagi Surung Pasaribu Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Kadivpas Kanwil Kemenkumham Bali). Setibanya di Kanreg X BKN pukul 10.20 WITA, pria asal Batak ini langsung memberikan suntikan semangat serta motivasi di depan peserta TKD CAT sesi ketiga.

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Bali (baju endek biru) saat memberi motivasi kepada peserta

“Hari ini saya menginginkan dari peserta tes 90, yang lulus juga 90. Jangan merasa gagal atau puas terus dengan kondisi anda saat ini. Manusia dapat berencana, namun Tuhan yang menentukan. Awali dengan doa agar Tuhan membuka pintu hati, mata dan telinga. Do what you can. Jika hari ini tidak bisa, esok masih ada kesempatan. Jangan karena melihat soal CAT yang sulit, kemudian menjadi putus asa dan tidak yakin dengan diri sendiri. Anggap saja melewati Sungai Musi yang lebar dan luas. Meski permukaan terlihat tenang, namun didalamnya banyak buaya. Jika menyeberang dengan jembatan itu sudah biasa. Tetapi jika anda menyeberang dengan menginjak kepala buaya itu baru luar biasa dan orang seperti itu yang sangat dibutuhkan. Tunjukkan semangat itu. Saya berharap seluruh peserta dapat lulus dan akan menjadi pemimpin masa depan Kemenkumham.”, tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Bali juga mengingatkan kepada peserta tes untuk selalu waspada terhadap oknum yang menjanjikan lulus tes CPNS. “Jangan termakan dengan informasi yang tidak jelas. Jangan percaya ketika ada seseorang yang memberikan janji palsu bahwa bisa memberikan pekerjaan dan bisa lulus CPNS dengan membayar sejumlah uang sekian. Don’t Believe It !!.” (IRN)