19 Kementerian Akan Gunakan CAT Kanreg X BKN Dalam Penerimaan CPNS Gel.II

Denpasar. Menyusul Kemenkumham dan Mahkamah Agung, 61 Kementerian/Lembaga juga membuka penerimaan CPNS yang pendaftarannya telah ditutup 25 September 2017 lalu. Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, peserta dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di BKN dan Kantor Regional BKN, termasuk di Kanreg X BKN Denpasar. Untuk memperlancar jalannya SKD, Kanreg X BKN melakukan koordinasi dengan Kementerian terkait pada Selasa (10/10) di Ruang Rapat Arjuna sekaligus melakukan kunjungan di ruang CAT Kanreg X BKN.

Mengawali rapat koordinasi, Abdul Salam Gassing selaku Kepala Bidang Informasi Kepegawaian mengatakan dari total 61 kementerian, tercatat 19 kementerian yang akan menggunakan CAT Kanreg X BKN dalam SKD. “Akan ada 19 Kementerian/Lembaga yang akan menggunakan CAT Kanreg X BKN dalam penerimaan CPNS gelombang kedua. Namun masih ada tiga Kementerian yang belum melakukan koordinasi terkait pelaksanaan SKD karena masih melakukan seleksi administrasi. Sementara pelaksanaan SKD dengan CAT di Kanreg X BKN akan digelar pada 11 hingga 27 Oktober mendatang.”

suasana rapat koordinasi membahas pelaksanaan SKD CAT CPNS Gel.II

Namun ada yang berbeda dalam Standard Operational Procedure (SOP) CAT CPNS Gelombang II. Jika sebelumnya, registrasi PIN peserta dilakukan pihak BKN, maka sesuai Keputusan Kepala BKN no.103.2/kep/2017 registrasi PIN peserta dilakukan oleh instansi penyelenggara, namun BKN akan  memberikan pembimbingan untuk operasional PIN registrasi. Selain itu, untuk kebijakan penyampaian peraturan dan tata tertib akan diserahkan kembali kepada instansi yang bersangkutan.

Segala persiapan sudah dilakukan pihak Kanreg X BKN demi kelancaran pelaksanaan SKD CPNS Gelombang II, termasuk menyediakan metal detektor untuk pemeriksaan peserta sebelum masuk ruang CAT.  Diharapkan pula, instansi terkait dapat segera mengumumkan jadwal pelaksanaan SKD di website masing-masing instansi, sehingga peserta dapat lebih mempersiapkan diri menghadapi SKD. (IRN)