Kepala BKN : 4 Karakter Yang Harus Dimiliki Pegawai ASN

Ciawi-Humas BKN, “Jika ada pertanyaan lebih memilih mana antara karakter atau kompetensi, saya akan lebih memilih karakter. Karena karakter seorang ASN tidak bisa diciptakan dalam jangka waktu singkat seperti halnya kompetensi,”ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana di hadapan 133 peserta Orientasi CPNS BKN di Pusat Pengembangan ASN Ciawi, Senin (5/2/2018).

Bima menambahkan karakter utama seorang ASN sangat dibutuhkan dalam mewujudkan ASN yang berdaya saing global. Sedikitnya terdapat empat karakter yang harus dimiliki seorang ASN. Pertama, dalam menghadapi tantangan unprecedented change (perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya) dibutuhkan karakter inovatif dan kreatif. Kedua, situasi global and fiercecompetition (global dan persaingan ketat) memerlukan karakter seorang ASN berupa agility and flexibility (lincah dan fleksibel). Ketiga, situasi berupa complexity and uncertainty (kompleks dan penuh ketidakpastian) menuntut seorang ASN memiliki karakter berupa persistence and perseverance (kegigihan dan ketekunan). Dan keempat, dalam menjawab tantangan effectivenessdan efficiency, karakter yang dibutuhkan berupa teamwork and cooperation (kerja tim dan kerja sama).

Bima (tengah) & Paryono (kedua dari kanan).

Ditemui di sela-sela acara, Kepala Bagian Pengembangan Pegawai BKN Paryono menyampaikan bahwa selama kurun waktu orientasi diharapkan dapat tumbuh semangat dan kekompakan dalamteamwork dalam diri para CPNS BKN. “Zaman sekarang mencari orang pintar itu mudah. Tapi mencari orang yang dapat diajak bekerja sama itu masih menjadi tantangan para pengelola SDM,” ujar Paryono. bal/ber