Tingkatkan Pelayanan Kepegawaian Berbasis Digital, BKN Kenalkan MYSAPK

Denpasar. Pengembangan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang dikenal dengan E Government kini menjadi program prioritas pemerintah. Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, namun juga untuk mengakselerasi sistem manajemen Aparatur Sipil Negara di Indonesia. Badan Kepegawaian Negara sebagai Pembina dan Penyelenggara Manajemen ASN juga turut mendukung  program pemerintah tersebut dengan membangun Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan kini dikembangkan menjadi MYSAPK, yang dapat diakses melalui smartphone.

Untuk mengenalkan aplikasi tersebut bagi pengelola kepegawaian baik instansi vertikal maupun daerah di wilayah kerja Kanreg X BKN, bekerjasama dengan Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (SINKA BKN), Kanreg X BKN menggelar sosialisasi Aplikasi MYSAPK padaSelasa (03/04) dengan menghadirkan narasumber Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN IwanHermanto, M.Inf, SYS , Direktur Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian BKN Bajoe LudiHargono, MM, MT, M.Sc dan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si.

IwanHermanto, M.Inf, SYS

Ditegaskan IwanHermanto, M.Inf, SYS dalam kegiatan ini, MYSAPK merupakan aplikasi yang dibangun berbasis android dan bertujuan untuk updating data sesuai kewenangannya. MYSAPK dibangun untuk menumbuhkan “Sense of Responsibility dan Sense of Awareness” masing-masing PNS supaya lebih peduli terhadap datanya sendiri. Selain itu, aplikasi ini dikembangkan untuk meminimalisir berbagai kendala yang terjadi di sejumlah daerah yang diantaranya disebabkan kurangnya ketersediaan jaringan data di beberapa daerah serta akurasi data. Iwan Hermanto juga mengharapkan adanya komunikasi dan koordinasi yang terjalin dengan baik antara BKN dan seluruh pengelola kepegawaian di daerah, guna mendukung keberhasilan terlaksananya aplikasi ini.

                                                                                 Kepala Kanreg X BKN Denpasar (berdiri) saat memberikan sambutan

Sementara itu diungkapkan Kepala Kanreg X BKN dalam kesempatan ini, bahwa SAPK merupakan salah satu aplikasi berbasis digital untuk memudahkan seluruh pengelola kepegawaian instansi vertikal maupun daerah di seluruh Indonesia dalam mengakses profil PNS di instansi maupun daerah masing-masing. SAPK kemudian dikembangkan lebih lanjut menjadi MYSAPK yang lebih user friendly dan tepat guna serta dapat diakses oleh seluruh ASN di Indonesia. (IRN)