Hadiri Forum International Reform Symposium & Regional Workshop, Kepala BKN akan Paparkan Capaian 10 TH RB dalam Manajemen Kepegawaian

Nusa Dua – Transparency and Accountability in Human Resource Management menjadi salah satu fokus pembahasan yang diulas dalam Forum International Reform Symposium & Regional Workshop yang digelar di Nusa Dua, Bali pada tanggal 14 – 15 Maret 2019. Forum tersebut dihadiri perwakilan delegasi dari negara-negara ASEAN plus Korea, Australia, dan New Zealand.

WhatsApp Image 2019-03-15 at 09.33.56 (1)

Kepala Kanreg X BKN (dua dari kiri) menghadiri Forum International Reform Symposium & Regional Workshop di Nusa Dua

Dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dan Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Bambang Hari Samasto berkesempatan hadir. Kepala BKN rencananya akan menjadi salah satu pembicara terkait Transparency & Accountability in Human Resources Management. Kepala BKN akan memaparkan capaian 10 tahun reformasi birokrasi (RB) di Indonesia khususnya pada aspek manajemen kepegawaian.

JK
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (tengah) didampingi Menpan RB (kanan) dan Gubernur Bali (kiri)

Pada pembukaan forum yang berlangsung Kamis, (14/03/2019), Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyoroti dinamika dan perubahan dari dampak teknologi yang secara responsif diadaptasi oleh sistem reformasi birokrasi di Indonesia yang sudah mencapai perjalanan satu dekade. Menurutnya, Indonesia sendiri sudah mengalami reformasi dalam kurun 20 tahun. Perjalanan reformasi tersebut salah satunya dengan perubahan sistem pemerintahan Indonesia yang dahulu menganut sistem sentralisasi menjadi negara desentralisasi.

Untuk capaian 10 tahun reformasi birokrasi di Indonesia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengklaim beberapa bukti capaian RB yang meliputi implementasi sistem merit lewat rekrutmen ASN berbasis sistem computer assisted test (CAT) yang dalam hal ini secara teknis dilakukan oleh BKN selaku instansi pembina manajemen kepegawaian, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran, penerapan e-government, dan beragam inovasi di sektor pelayanan publik.

WhatsApp Image 2019-03-15 at 09.33.56
Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat memaparkan Transparency and Accountability in Human Resource Management

Sementara itu pada hari kedua penyelengaraan forum yang berlangsung hingga Jumat, (15/03/2019) tersebut, Kepala BKN Bima Haria Wibisana secara khusus memaparkan perihal Transparency and Accountability in Human Resource Management. “Saat ini proses rekrutmen ASN di Indonesia telah berjalan secara transparan melalui sistem yang efektif, mulai dari alur registrasi, seleksi administrasi, uji kompetensi dasar dan teknis yang dijaring secara objektif”.

Mengenai capaian CAT, pada tahun 2018, World Bank Global Report: Public Sector Performance yang dirilis Oktober 2018 lalu menobatkan CAT BKN sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management yang berhasil mereformasi sistem rekrutmen ASN di Indonesia.

(Humas BKN)

selengkapnya klik link di bawah ini :

http://www.bkn.go.id/berita/hadiri-forum-international-reform-symposium-regional-workshop-kepala-bkn-akan-paparkan-capaian-10-tahun-rb-dalam-manajemen-kepegawaian

http://www.bkn.go.id/berita/sistem-rekrutmen-asn-berbasis-cat-bkn-jadi-salah-satu-capaian-positif-10-tahun-reformasi-birokrasi-di-indonesia